CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Amie - Amelia

Abstract


Corporate social responsibility merupakan bagian dari kewajiban perusahaan, corporate social responsibility  memiliki konsekuensi terhadap pemberdayaan masyarakat.  Keterhubungan  corporate social responsibility pada perusahaan merupakan bagian dari pemberdayaan melalui pemberdayaan perempuan yakni  adanya peningkatan kesejahteraan terhadap masyarakat penerima bantuan program corporate social responsibility. Penelitian ini adalah bersifat kualitatif dekriptif. Penelitian  kualitatif deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan tentang keterhubungannya implementasi corporate social responsibility (CSR) dan pemberdayaan perempuan dalam perspektif ekonomi Islam. Praktik corporate social responsibility yang menerapkan pemberdayaan yakni memenuhi unsur-unsur dasar pemberdayaan yang berlandaskan nilai-nilai Islam. Bank Indonesia dan Maybank Group berupaya memberdayakan perempuan melalui corporate social responsibility demi meningkatkan kesejahteraan perekonomian perempuan secara berkesinambungan dan juga turut membantu meningkatkan kualitas perempuan yang sejalan dengan Perspektif Ekonomi Islam yakni membangun kesejahteraan.


Full Text:

PDF PDF

References


Elizabeth, Roosganda. 2007. Forum Penelitian Agro Ekonomi. Volume 25 No.2.

Pemberdayaan Wanita Mendukung Strategi Gender.

Mainstreaming Dalam Kebijakan Pembangunan Pertanian Di Perdesaan”

G, Sumodiningrat 199. Pemberdayaan Masyarakat dan Jaring Pengaman Sosial.

Jakarta: Gramedia.

Hasil Workshop Penguatan Kelembagaan PUG dan PUHA se-Kabupaten

Jombang. 2012.

Hatta, Meutia. Sabtu 21 April 2018. RA Kartini, Pendekar Bangsa, Kedaulatan Rakyat

Suara Hati Nurani Rakyat.

Hubeis. Aida Vitalaya S. 2010. Pemberdayaan Perempuan dari Masa ke Masa.

Bogor: IPB Press.

Huda, Nurul, dkk. , 2015. Ekonomi Pembangunan Islam. Jakarta:Kencana

International Shari’ah Research Academy for Islamic Finance (ISRA). 2015

Sistem Keuangan Islam : Prinsip dan Operasi. Depok: PT Raja Grafindo.

Kuncoro, Amin & Kadar.2016. Buana Gender Vol. 1, Nomor 1, Januari – Juni 2016 :

-54. Pengaruh Pemberdayaan Perempuan dan Peningkatan Sumberdaya Ekonomi Keluarga.

Kurniasari, Netty Dyah. 2015. Jurnal NeO-Bis Volume 9, No. 1, Juni : 98-109. Program

CSR Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (Untuk Meningkatkan Produktivitas Usaha Mikro, Kecil Menengah Di Madura.

Kusuma, Aji Ratna. 2013. Perencanaan Pembangunan Responsif Gender. Yogyakarta :

Interpena

Prastiwi, Debbie Luciani dan Titik Sumarti. 2012. April ISSN : 1978-4333, Vol. 06, No.

Analisis Gender Terhadap Tingkat Keberhasilan Pelaksanaan CSR Bidang Pemberdayaan Ekonomi Lokal PT Holcim Indonesia Tbk.

Probosiwi, Ratih. 2015. NATAPRAJA Jurnal Kajian Ilmu Administrasi Negara.

Volume 3 Nomor 1 Tahun 2015: 41-56. Perempuan Dan Perannya Dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial (Women And Its Role On Social Welfare Development).

Puteri, Rosseriayu Murenati, dkk. Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol 1, No.1 :

-153. Pelaksanaan Pemberdayaan Perempuan Dalam Mewujudkan Keadilan dan Kesetaraan Jender di Bidang Ekonomi Pada Masyarakat Jombang (Studi Peran Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Jombang”

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI). 2008. Ekonomi Islam.

Jakarta : Raja Grafindo.

R, Ayu, M. 1997. Cahaya Rumah Kita, Bandung: Penerbit Mizan.

Raimi, Lukman, et al. 2014. World Journal of Entrepreneurship Management and

Sustainabile Development, Vol 10 No 3: 228- 242. Corporate Social Responsibility, Waqf System and Zakat System as Faith – Based Model For Poverty Reduction.

Rizqi, Prima Ayu Rizqi. 2015. Jurnal LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan

Teknologi. Volume 1, Nomor 1, September : 45-56. Peran Public Relations Melalui Kegiatan Cosporate Social Responsibility (CSR) Islami Berbasis Pemberdayaan Masyarakat,”

Ruslan, Muniarti. 2010. Jurnal Musawa: 79-96. Pemberdayaan Perempuan Dalam

Dimensi Pembangunan Berwawasan Gender.

Sasongko, Sri Sundari. 2007. Konsep dan Teori Gender (Modul) BKKBN, Jakarta.

Sukarno, Fahrudin Sukarno. 2010. Etika Produksi Dalam Perspektif Ekonomi

Islam. Bogor : Al Azhar Press.

Untung, Budi. 2014. CSR Dalam Dunia Bisnis.Yogyakarta : CV. Andi Offset

Yusuf, Muhammad Yasir . 2010. Jurnal Ekonomi Islam La_Riba, Vol IV No 2 Desember

: 197-213Model Pelaksanaan CSR bank Syariah : Kajian Empiris Pembiayaan Mikro Baitul Mal Aceh,”

Zaitunah Subhan. 2015. Al-Qur’an Dan Perempuan, Jakarta : Kencana.

Zaitunah Subhan.2008. Menggags Fiqh Pemberdayaan Perempuan. Jakarta : el-

Kahfi.

Zaitunnah Subhan.1999 Tafsir Kebencian Studi Bias Gender Dalam Tafsir

Qur’an. Yogyakarta : Lkis.

https://www.bi.go.id/id/tentang-bi/bi-dan-publik/bi-peduli/liputan/PagesBI-

Rebut-Tiga-Medali-CSR.aspx

http://kalimantan.bisnis.com/read/20161102/362/598327/program-csr-

maybank-dukung-pemberdayaan-perempuan-melalui-program-women-eco-weaver




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/al-ittifaq.v3i1.9182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amie - Amelia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:
 

View My Stats