DAMPAK E-COMMERCE TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG SANDANG DI PASAR BATUSANGKAR

Megi Saputra, Anggelin Rahmadani, Annisa Elvina, Rizal Fahlefi

Abstract


Artikel ini mengkaji dampak kehadiran e-commerce terhadap pendapatan pedagang sandang Pasar Batusangkar. Permasalahannya ialah kehadiran e-commerce menjadi penyebab utama menurunnya pendapatan usaha. Metode penelitian yang digunakan merupahkan lapangan dengan pendekatan kualitatif. Analisis data menggunakan analisis Miles And Huberman yang meliputi, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini ialah menurunnya pendapatan usaha pedagang sandang Pasar Batusangkar. Dimana menurunnya pendapatan usaha, masih ada yang termasuk dalam kategori lampu hijau, dan kebanyakkan telah masuk dalam kategori lampu kuning. E-commerce akan membawa dampak yang merugikan bagi pedagang sandang konvensional dalam jangka panjang karena e-commerce akan mendoktrin otak pembeli menjadi kecanduan berbelanja online, khususnya pada generasi Z dan generasi Alfa.  Oleh karena itu, pedagang sandang Pasar Batusangkar harus mengikuti tren zaman dengan beralih menggunakan e-commerce. Namun bila tidak menggunakan e-commerce maka diprediksi dalam jangka panjang pendapatan usaha pedagang sandang Pasar Batusangkar akan lebih turun drastis


Keywords


E-commerce, Menabung, dan Pedagang Sandang

Full Text:

PDF

References


Annisa, Y., & Fauzi, A. (2022). Analisis Perilaku Perubahan Pelaku Umkm Pada Masa Pandemi Covid-19 Guna Meningkatkan Perekonomian Dengan Pemanfaatan E-Commerce Di Kota Medan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 31–35. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.339

Armanda, T., & Putra, A. D. (2020). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Usaha Penjualan Helm. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 17–24. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.145

Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2021). Meningkatkan Minat Kewirausahaan Di Era Global Melalui E-Commerce. Jurnal Bisnis & Akuntansi Unsurya, 6(1), 57–66. https://doi.org/10.35968/jbau.v6i1.626

Barkatullah, A. H. (2019). Hukum Transaksi Elektronik Sebagai Panduan Dalam Menghadapi Era Digital Bisnis E-Commerce Di Indonesia. Bandung: Nusa Media.

Christoper, S. W. H., & Kristianti, I. (2020). Hubungan E-Commerce Dan Literasi Keuangan Terhadap Kelangsungan Usaha Di Boyolali. Jurnal Akuntansi, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.10.1.1-12

Fema, C. A., Rakhmad, N., Bonda, P. Y. E. E., Ramli, D., & Maulana, A. (2022). Studi Komparasi Tingkat Konsumsi Masyarakat Melalui E-Commerce Sebelum dan Sesudah Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 22(1), 53–66. https://doi.org/10.31599/jki.v22i1.951

Haetami, E. (2022). Membangun Kepercayaan Dalam Transaksi E-Commerce Dalam Tinjauan Hukum Islam. Jurnal Education and Development, 10(1), 571–576. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3602%0Ahttp://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/3602/2281

Hayati, A. N. (2021). Analisis Tantangan Dan Penegakan Hukum Persaingan Usaha pada Sektor E-Commerce di Indonesia. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 21(1), 109–122. https://doi.org/10.30641/dejure.2021.v21.109-122

Hernikawati, D. (2021). Analisis Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Jumlah Kunjungan pada Situs E-Commerce Di Indonesia Menggunakan Uji T Berpasangan. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(2), 191–102. https://doi.org/10.31445/jskm.2021.4389

Mahbubah, I., & Putri, S. Y. (2021). Dampak Perubahan Perilaku Konsumen Saat Pandemi Covid-19 Pada Peningkatan Penjualan Bisnis E-Commerce Di Kabupaten Sumenep. Behavioral Accounting Journal, 4(1), 239–248. https://doi.org/10.33005/baj.v4i1.119

Matompo, O. S. (2020). Legal Protection Of Online Business Transaction (E-Commerce) During the Covid-19 Pandemic in Indonesia. Legal Standing : Jurnal Ilmu Hukum, 4(1), 146–154. https://doi.org/10.24269/ls.v4i1.2660

Musthofa, N., & Adiguna, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi E-Commerce Spare-Part Komputer Berbasis Web Menggunakan CodeIgniter Pada Dhamar Putra Computer Kota Tangerang. Jurnal Ilmu Komputer Dan Science, 1(3), 199–207. Retrieved from https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal

Nurdiansyah, A., Pratiwi, A., & Kaunaini, B. (2022). Literature Review Pengaruh Kepercayaan , Kemudahan dan Kepuasan. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(1), 297–303.

Purwanti, N., & Pujawati, A. (2021). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi E-Commerce. Al-Mujaddid | Jurnal Ilmu-Ilmu Agama, 3(1), 62–78. Retrieved from https://jurnal.staisebelasapril.ac.id/index.php/almujaddid

Ramadhan, F., & Fajarita, L. (2020). Implementasi Rancangan E-Commerce Pada Surya Timur Collection Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Berbasis Content Management System (Cms). Jurnal Idealis, 3(1), 251–259. https://doi.org/10.36080/idealis.v3i1.1508

Rodiaminollah, M., Ismail, & Qamariyah, L. N. (2022). Peran E-Commerce Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) (Studi Di Toko Emha Sablon Desa Ketapang Barat). Jurnal Iqtisodina: Ekonomi Islam & Hukum Ilam, 5(2), 51–59.

Sakti, N. W. (2014). Pajak E-Commerce Mendaftar Dari Mendaftar Sampai Membayar Pajak. Jakarta Selatan: Visi Media Pustaka.

Saragih, A. E., Bagaskarah, M. F., & Mulyadi. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi E-Commerce. Civilla, 2(2).

Suryani, S. E., & Nasri, R. (2020). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Penerapan E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 1(2), 109–118. https://doi.org/10.24853/jmmb.1.2.109-118

Suyanto, U. Y., & Purwati, I. (2021). Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis E-Commerce ( Studi Pada UMKM Kabupaten Lamongan). Jurnal Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 189–198. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.299

Tirtana, A., Zulkarnain, A., Kristanto, B. K., Suhendra, S., & Hamzah, M. A. (2020). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 14(2), 101–108. https://doi.org/10.32815/jitika.v14i2.473




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jtm.v9i2.11017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Megi Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

             

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.