ASPEK HUKUM TERHADAP STANDAR PELAYANAN KESEHATAN BAGI PASIEN DI PUSKESMAS KABUPATEN KAMPAR

Zulhendra Das`at, Ardiansah Ardiansah, Iriansyah Iriansyah

Abstract


Health Service Standards in Kampar Regency are very important in improving health-based development for communities throughout the country. In accordance with Permenkes 43 of 2019 concerning Puskesmas, it is hoped that they can implement health service standards for patients at the Kampar district health center. This study aims to determine to review the legal aspects of responsibility for health services at the puskesmas. This research is normative juridical based on studies of legislation, books, various articles and electronic media that are closely related to health service standards at the Kampar District Health Center. For this reason, it is very necessary to have awareness and affirmation of regulations for health workers in providing health service standards for patients at the Kampar District Health Center in order to increase the degree of community welfare.


Full Text:

PDF

References


Desi Permata Sari, “Pengaruh Sarana dan Prasarana, Serta Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasa Pasien dan Damdpaknya Pada Loyalita Pasien di UPT Puskesmas Cipamokolan Kota Bandung,” dalam Jurnal Magister Manajemen Administrasi Rumah Sakit Pascasarjana Universitas Pasundan. Tahun 2022

Haikal Ibnu, IGD 24 Jam Puskesmas Laboy Jaya Bangkinang, Kab. Kampar Riau Dengan Pelayanan Kurang Optimal diakses melalui https://www.amirariau.com/igd-24-jam-puskesmas-laboy-jaya-bangkinang-kab-kampar-riau-dengan-pelayanan-kurang-optimal.html pada tanggal 22 Mei 2022, pukul 06.25 WIB

Kumpulan Pengertian, Pengertian tanggung Jawab Hukum Menurut Para Ahli diakses melalui Pengertian Tanggung Jawab Hukum Menurut Para Ahli ~ Kumpulan Pengertian diakses pada tanggal 19 Mei 2022, pukul 20.28 WIB

Lea Mediatrix dkk.,”Implementasi Program Promotif dan Preventif di Puskesmas WAAI,” dalam Jurnal IAKMI Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, Volume 3, No. 1, April 2022. ISSN 2721-9437

Mat. Zudi dkk., “Analisis Impelentasi Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Di Puskesmas Guntur I Kabupaten Demak,” dalam Jurnal Kesehatan Masyarakat STIKES Cendekia Utama Kudus P-ISSN 2338-6347 E-ISSN 2580-992X, Vol. 8, No. 2, Februari 2021

Permenkes 43 Tahun 2019 tentang Puskesmas, dikutip melalui https://www.jogloabang.com/kesehatan/permenkes-43-2019-puskesmas, diakses pada tanggal 16 Mei 2022, pukul 10.56 WIB

Reno Renaldi dan M. Dedi Widodo, “Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien di Poli Umum Puskesmas Siak Huu II Kabupaten Kampar Tahun 2017,” dalam Jurnal Collaborative Medical Journal (CMJ) Vol 1 No 2 Mei 2018

Rifan Aditya, Apa Itu Implentasi? Tujuan dan Contoh Penerapan, diakses melalui https://www.suara.com/news/2021/02/09/175201/apa-itu-implementasi-tujuan-dan-contoh-penerapannya?page=2 pada tanggal 19 mei 2022, pukul 2022 WIB

Soekarno Aburaera dkk, Filsafat Hukum Teori dan Praktik. (Cetakan ke-5). (Depok: Prenadamedia Group. 2018)

Teori Pelayanan diakses melalui https://emayasila.wordpress.com/2012/10/17/teori-pelayanan/ pada tanggal 20 Mei 2022, pada pukul 12.59 WIB

Trio Saputra, “Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik (Studi Kasus Kantor Kecamatan Tambang kabupaten Kampar), dalam Jurnal Perpeektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah. Vol. 4, No. 2 Oktober-Desember 2016. ISSN: 2338-4603


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zulhendra Das`at, Ardiansah Ardiansah, Iriansyah Iriansyah