Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Pendekatan Klinis dalam Supervisi Pendidikan

Marlian Rahmadini, Jamilus Jamilus

Abstract


Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap bangsa dan  negara, karena pendidikan menyangkut masa depan seseorang, masa depan bangsa dan negara. Keberhasilan pendidikan tidak terlepas dari kualitas pendidikan yang dihasilkan. Salah satu faktor penentu kualitas pendidikan ini dapat dilihat dari kualitas kinerja guru dalam lembaga pendidikan tersebut. Kualitas kinerja guru dapat dipengaruhi oleh bagaimana seorang kepala sekolah sebagai supervisor mampu untuk meningkatkan kualitas profesionalisme kinerja guru dan kesejahteraannya. Kepala sekolah dalam pendidikan perlu mengubah pandangan yang bersifat otoriter dan pengawasan menjadi tindakan konstruktif dan kreatif serta membimbing dan mengevaluasi kinerja guru-guru dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan yang efektif dan efisien. Kualitas pendidikan ini dapat dilakukan melalui penerapan pendekatan klinis dalam supervisi pendidikan. Pendekatan klinis merupakan bentuk pengawasan untuk menganalisis kemampuan guru dalam pengembangan proses pembelajan dan pembinaan guru secara preventif dan kuratif. Dengan pendekatan klinis maka dapat membuat guru menyadari akan fungsinya sebagai pendidikan profesional.

 


Full Text:

PDF

References


Kristiawan, Muhammad dkk. 2019. Supervisi Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276

Nasution, Inom. 2021. Supervisi Pendidikan. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Setiyadi, Bradley. 2020. Supervisi Dalam Pendidikan. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung.

Shulhan, Muwahid. 2012. Supervisi Pendidikan: Teori dan Terapan Dalam Mengembangkan Sumber Daya Guru. Surabaya : Acima Publishing.

Sohiron. 2015. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.

Sulistyorini. 2021. Supervisi Pendidikan. Riau: DOTPLUS Publisher.

Suhardan, Dadang. 2010. Supervisi Profesional: Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Otonomi Daerah. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/manapi.v1i1.5972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Marlian Rahmadini, Jamilus Jamilus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats