PARADIGMA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM INTEGRASI ILMU: KOMPARASI PEMIKIRAN IMAM SUPRAYOGO DAN AZHAR ARSYAD

Muhammad Rusydi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkomparasikan pemikiran dua tokoh yaitu Imam Suprayogo dan Azhar Arsyad tentang paradigma pembelajaran bahasa Arab dalam integrasi ilmu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan. Data dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metafora integrasi ilmu yang dirintis oleh keduanya, yaitu metafora pohon ilmu di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan metafora cemara ilmu di UIN Alauddin Makassar, menunjukkan paradigma pembelajaran bahasa Arab dalam integrasi ilmu tersebut. Perbedaan posisi bahasa Arab beserta komponen yang menyertainya pada kedua metafora integrasi ilmu tersebut menunjukkan kerangka paradigmatik-metodologis dalam menguatkan bahasa Arab sebagai media integrasi ilmu yang dikembangkan oleh kedua tokoh tersebut. Kedekatan kerangka ontologis, epistemologis, dan aksiologis paradigma pembelajaran bahasa Arab dalam integrasi ilmu yang digagas keduanya melahirkan konsep ideal berupa konsep “ululalbab” oleh Imam Suprayogo yang diimplementasikan dalam bentuk Ma’had al-Jamiah serta Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab (PKPBA) pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan melahirkan konsep “inner capacity” oleh Azhar Arsyad yang diimplementasikan dalam bentuk Program Pencerahan Imani dan Keterampilan Hidup (PIKIH) pada UIN Alauddin Makassar.

 

This study aims to compare the thoughts of two figures, Imam Suprayogo and Azhar Arsyad about the paradigm of learning Arabic in science integration. Library research method was used  in this research. Data were analyzed through three stages, namely data reduction, data display, and drawing conclusions/verification. The results showed that the science integration metaphor pioneered by the two, namely the science tree metaphor at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang and the pine tree metaphor at UIN Alauddin Makassar, described the paradigm of learning Arabic in the knowledge integration. The difference of Arabic position and its accompanying components in the two science integration metaphors indicated a paradigmatic-methodological framework in strengthening Arabic as a medium for science integration developed by the two figures. The closeness of the ontological, epistemological, and axiological framework of the Arabic learning paradigm in the science integration which was initiated by both produced an ideal concept named "ululalbab" by Imam Suprayogo. This concept was implemented in the form of Ma'had al-Jamiah and the Arabic Language Development Special Program (PKPBA) at UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. While, the concept of "inner capacity" produced by Azhar Arsyad was implemented in the form of Religious Enlightenment and Life Skills Program (PIKIH) at UIN Alauddin Makassar.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. 2006. Islamic Studies di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arbi, dkk. 2018. Model Pengembangan Paradigma Integrasi Ilmu di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Profetika: Jurnal Studi Islam, 20 (1), 1-15.

Arsyad, A. & Sabri, M. 2009. Membangun Tradisi Hikmah Mengasah Inner Capacity: Ikhtiar Merancang Paradigma Keilmuan UIN Alauddin Makassar. Makassar: Alauddin Press.

Arsyad, A. 2002. Al-Qiraah al-Ashriyah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arsyad, A. 2005. Jejak Langkah menuju Pusat Peradaban Islam di Indonesia Timur. Dalam Hadi D. Mapuna dkk. (ed.). 2005. Dulu IAIN kini UIN Alauddin: Catatan Tahun Ketiga Kepemimpinan Azhar Arsyad sebagai Rektor IAIN/UIN Alauddin Makassar. Makassar: Alauddin Press.

Arsyad, A. 2009. Pohon Integrasi dan Interkoneksitas Sains dan Ilmu Agama. Dalam Azhar Arsyad et. al. 2009. Membangun Universitas Menuju Peradaban Islam Modern: Catatan Singkat Perjalanan UIN di bawah Kepemimpinan Prof. Dr. H. Azhar Arsyad, MA. Makassar: Alauddin Press.

Arsyad, A. 2010. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya: Beberapa Pokok Pikiran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arsyad, A. 2011. Buah Cemara Integrasi dan Interkoneksitas Sains dan Ilmu Agama. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 8 (1), 1-25.

Arsyad, A. 2012. Thuruq Tadris al-Lugah al-‘Arabiyah. Makassar: Matba’ah Jami’ah ‘Alaiddin al-Islamiyah al-Hukumiyah.

Arsyad, A. 2016. Sir Najah Tadris al-Lugah al-‘Arabiyah, Makalah. Konferensi Internasional Pembelajaran Bahasa Arab. Dubai, Uni Emirat Arab.

Aziz, R. 2007. Pendidikan Ulul Albab pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Progresiva: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 2 (1), 307-320.

Darda, A. 2015. Integrasi Ilmu dan Agama: Perkembangan Konseptual di Indonesia. At-Ta’dib, 10 (1), 33-46.

Harahap, S. 2014. Metodologi Studi Tokoh dan Penulisan Biografi. Jakarta: Prenada Media Group.

Mahzar, A. 2004. Revolusi Integralisme Islam: Merumuskan Paradigma Sains dan Teknologi Islam. Bandung: Mizan.

Nuha, U. 2016. Ragam Metodologi dan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.

Ramly, M. 2010. “Cendekiawan Bersahaja, Berkarya Monumental”. Dalam Ahmad M. Sewang dkk. (eds.). 2010. Biografi Azhar Arsyad: Jejak-Jejak Langkah Sang Pemimpi. Makassar: Alauddin Press.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprayogo, I. 1996. Urgensi Bahasa Arab dalam Meretas Khazanah Islam Klasik. Jurnal Ilmu dan Pemikiran Keagamaan, 1 (1).

Suprayogo, I. 2005. Paradigma Pengembangan Keilmuan pada Perguruan Tinggi: Konsep Pendidikan Tinggi yang Dikembangkan UIN Malang. Malang: UIN Malang Press.

Suprayogo, I. 2007. Quo Vadis Madrasah: Gagasan, Aksi dan Solusi Pembangunan Madrasah. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Suprayogo, I. 2011. Refleksi Pemikiran Menuju Indonesia Baru. Malang: UIN-Maliki Press.

Suprayogo, I. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Malang: UIN-Maliki Press.

Taufiqurrahman, H. R. 2010. Imam al-Jamiah: Narasi Indah Perjalanan Hidup dan Pemikiran Prof. Dr. H. Imam Suprayogo. Malang: UIN-Maliki Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/lughawiyah.v2i2.2258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lughawiyah Indexed By:

          

Lughawiyah distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

View My Stats lughawiyah