Analisis Manajemen Pengendalian Kualitas Layanan Sirkulasi dengan Perspektif Total Quality Management (TQM) di Perpustakaan Umum Kota Solok

Savira Suaida

Abstract


Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah analisis manajemen pengendalian kualitas layanan sirkulasi di Perpustakaan Umum Kota Solok yang dilihat dari prinsip-prinsip Total Quality Management. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis manajemen pengendalian kualitas layanan sirkulasi dengan perspektif Total Quality Management di Perpustakaan Umum Kota Solok, serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pengendalian kualitas layanan sirkulasi di Perpustakaan Umum Kota Solok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi teknik, sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan analisis manajemen pengendalian kualitas layanan sirkulasi dengan perspektif Total Quality Management di Perpustakaan Umum Kota Solok telah dilakukan dengan baik, yang dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah koleksi, kunjungan dan anggota setiap tahun, adanya kegiatan rutin seperti pengadaan buku setiap tahun dan layanan buku bergulir, adanya fasilitas yang memadai, adanya kotak kritik dan saran serta perbaikan sesegera mungkin. Akan tetapi, masih terdapat beberapa kendala yang menghambat pengendalian kualitas layanan sirkulasi, yaitu gedung yang masih kurang luas dan masih berada di lingkungan perkantoran, nomor pustaka yang sulit dihubungi, tidak dapat hanya bergantung pada sistem otomasi sehingga tetap perlu yang manual, dan pengadaan yang terbatas karena anggaran yang sedikit. Saran untuk pengelola Perpustakaan Umum Kota Solok adalah pengelola diharapkan segera memperbaiki dan meningkatkan unsur-unsur layanan yang masih memiliki kekurangan agar kualitas layanan dan citra baik yang telah diwujudkan dapat dipertahankan dan ditingkatkan.


Keywords


Analisis, Pengendalian Kualitas Layanan, Layanan Sirkulasi, Total Quality Management, Perpustakaan Umum

Full Text:

PDF

References


Eko, "Perpustakaan Sebagai Lembaga Layanan Publik," 4 Oktober 2019. [Online]. Available: http://www.fpptma.or.id/2019/10/perpustakaan-sebagai-lembaga-layanan.html. [Accessed 27 April 2022].

E. Rahmah, "Akses dan Layanan Perpustakaan: Teori dan Aplikasi," 2018. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Akses_dan_Layanan_Perpustakaan/G-FiDwAAQBAJ. [Accessed 15 Mei 2022].

E. Rahmah, M. and G. Erlianti, Manajemen Perpustakaan: Penerapan TQM dan CRM, Depok: Rajawali Pers, 2019.

N. Zjulla, "Implementasi Total Quality Management Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Perpustakaan Perguruan Tinggi," 2015. [Online]. Available: https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Libraria/article/download/1572/1441. [Accessed 11 Mei 2022].

H. Mansyur, "Manajemen Perpustakaan Sekolah," 2015. [Online]. Available: https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/pustakaloka/article/view/184. [Accessed 10 Mei 2022].

C. Afrina and I. Irwan, "Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam Membangun Budaya Literasi Berbasis Kearifan Lokal di Kota Padang Panjang," 2022. [Online]. Available: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/icis/article/download/12676/6608. [Accessed 18 September 2022].

N. Harahap, "Penelitian Kualitatif," 2020. [Online]. Available: http://repository.uinsu.ac.id/9105/. [Accessed 18 September 2022].

Ambarwati, "Metode Penelitian Kualitatif (Konsep dan Praksis dalam Bidang Pendidikan Agama Islam)," 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kualitatif/iwZlEAAAQBAJ. [Accessed 18 September 2022].

I. M. L. M. Jaya, "Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif," 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books/about/Metode_Penelitian_Kuantitatif_dan_Kualit.html?id=yz8KEAAAQBAJ&redir_esc=y. [Accessed 18 September 2022].

L. Rahayu, "Layanan Perpustakaan," 2016. [Online]. Available: http://repository.ut.ac.id/4183/. [Accessed 10 Mei 2022].

M. Rifauddin, "Keterampilan Sosial Pustakawan dalam Memberikan Pelayanan Bermutu di Perpustakaan," 2017. [Online]. Available: https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-hikmah/article/view/2286. [Accessed 2 November 2022].

N. Nuraeni, "Trend Mahasiswa Milenial dan Perpustakaan: Studi Kasus di Perpustakaan UIN Mataram," 2021. [Online]. Available: https://rjfahuinib.org/index.php/shaut/article/view/366. [Accessed 2 November 2022].

F. Bukhori, "Kepuasan Pemustaka Terhadap Implementasi Pelayanan Prima (Excellent Service) di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Barat," 2016. [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/32531/1/Farhan%20Bukhori-FAH.pdf. [Accessed 2 November 2022].

Baihaqi, "Pengawasan Sebagai Fungsi Manajemen Perpustakaan dan Hubungannya dengan Disiplin Pustakawan," 2016. [Online]. Available: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/1227/920. [Accessed 10 Juni 2022].

Sudarmanto, dkk. "Total Quality Management," 2022. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Total_Quality_Management/SgZZEAAAQBAJ. [Accessed 13 Juni 2022].

A. R. Saleh and R. Komalasari, "Manajamen Perpustakaan," 2016. [Online]. Available: http://repository.ut.ac.id/4138/. [Accessed 12 Mei 2022].

Juharni, "Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management)," 2017. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=j1RtDwAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false. [Accessed 10 Juni 2022].

K. Srimulyo, "Change Management: Era Baru Pengelolaan Perpustakaan," 2021. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Change_Management_Era_Baru_Pengelolaan_P/MMpuEAAAQBAJ. [Accessed 14 Juni 2022].




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jipis.v2i1.8828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Savira Suaida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JIPIS content about: library science, library scientific communication, library information and technology, archives and documentation, digital libraries, library management, knowledge management, digital and information literacy, information services in libraries

Indexed By:

   


 

Lisensi Creative Commons

JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam - distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional