Analisis Pemenuhan Fungsi Rekreasi Bagi Pemustaka Pada Perpustakaan Umum Kabupaten Solok

Illa Oktadiani

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini ialah pemustaka pada Perpustakaan Umum Kabupaten Solok belum mengetahui adanya fungsi rekreasi perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemustaka dan pustakawan mengenai fungsi rekreasi, pemanfaatan perpustakaan sebagai wahana rekreasi bagi pemustaka, dan kendala dalam pelaksanaan pemenuhan fungsi rekreasi bagi pemustaka di Perpustakaan Umum Kabupaten Solok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah memadukan analisis data Miles dan Huberman dengan Spradley dan Yin. Penjaminan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber, metode, dan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa rekreasi di perpustakaan adalah untuk refreshing, menghilangkan kebosanan dan rasa jenuh, serta memberikan kenyamanan dan hiburan ke pemustaka, kemudian mencari kesenangan dengan memanfaatkan koleksi pustaka yang diminati. Sarana pemenuhan fungsi rekreasi terdiri dari koleksi buku yang didominasi kelas 700 dan 800, layanan internet dan komputer serta kegiatan membaca nyaring atau read aloud. Kendala dalam pemenuhan fungsi rekreasi yaitu belum adanya barang khusus dan fasilitas untuk rekreasi di perpustakaan. Upaya yang dilakukan ialah memanfaatkan komputer yang terhubung dengan internet untuk memenuhi fungsi rekreasi bagi pemustaka seperti browsing di internet, menonton video dan bermain game online. Selain itu kendala lainnya ialah daya listrik yang tidak bisa menampung banyak penggunaan alat elektronik seperti ac dan komputer. Adapun upaya yang dilakukan oleh pustakawan Perpustakaan Umum Kabupaten Solok adalah menyediakan komputer yang terhubung dengan internet.

Keywords


Fungsi Rekreasi perpustakaaan; Perpustakaan Umum

Full Text:

PDF

References


Kesuma, Aghesna Rahmatika, Dwi Indri Rahmawati, dan Mutiara Cahyani Putri. 2022. Peran Green Library dan Perpustakaan Islam dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Jurnal El Pustaka. Volume 3, Nomor 1. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/elpustaka/article/view/12326. 5 Novber 2022

A. Nurdin Laugu Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, “Kajian Reflektif terhadap Perpustakaan Islam di Baghdad pada Era Klasik KebudayaanArab-Islam Kosmopolitan.”

Hartono, Transformasi Perpustakaan dalam Ekosistem Digital: Konsep Dasar, Organisasi Informasi, dan Literasi. Jakarta Timur: Prenada Media, 2016.

Hartono, Kompetensi Pustakawan Profesional: Menuju Perpustakaan Modern Era Informasi. Yogyakarta: Calpulis, 2016.

S. Endarti, J. Perpustakaan, dan D. Kearsipan, “Perpustakaan sebagai Tempat Rekreasi Informasi”.

S. van Kempen, A. van den Dool, P. Lindberg, dan L. Parviainen, “Trends in the Dutch and Finnish library landscape,” Library Management, vol. 42, no. 3, hlm. 167–183, Feb 2021, doi: 10.1108/LM-03-2020-0040.

Afrizal, Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Depok: Rajawali Press, 2019.

Nuriman, Memahami Metodologi Studi Kasus, Grounded Thoery, dan Mixed-Method: Untuk Penelitian Komunikasi, Sosiologi dan Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2021.

S. Suryabrata, Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Press, 2019.

E. Sugiarto dan S. E. Priyanto, “Potensi Daya Tarik Wisata Grhatama Pustaka Yogyakarta Sebagai Wahana Rekreasi,” Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, vol. 4, no. 2, hlm. 127, Des 2020, doi: 10.29240/tik.v4i2.1624.

S. Aziz, Perpustakaan Ramah Difabel: Mengelola Layanan Informasi bagi Pemustaka. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Aini, Vinka Cyntia. 2022. Mengembangkan Fungsi Rekreasi Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Di Perpustakaan. IQRA’: Jurnal Perpustakaan dan Informsi Volume 16, Nomor 1. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/10313. 10 Oktober 2022

Iskandar. 2020. Analisis Pengetahuan Pemustaka Terhadap Fungsi-fungsi Perpustakaan di Universitas Hasanuddin. Jurnal Jupiter. Volume XVII, Nomor 2. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/download/12230/6440/41246. 23 Juli 2022

N. Devismayasari dan Y. Yoga Prasetyawan, “Pemenuhan Kebutuhan Rekreasi Pemustaka Di Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kota Salatiga,” Juli, 2015.

E. Wulandari dan E. Rahma, “Tata Ruang Di Perpustakaan Politeknik Negeri Padang.”

Subagio, Rebecca Phylicia, Dania Thamrin dan Anik Rakhmawati. 2018. Implementasi Konsep Taman Baca dalam Bacaan Redesain Interior Perpustakaan Umum Daerah Sebagai Sarana Edukasi dan Rekreasi di Kota Malang. Jurnal Intra. Volume 6, no 2. https://publication.petra.ac.id/index.php/desian-interior/article/view/7161l. 17 Juli 2022

Faisyah, Rifa. 2019. Konsep Arsitektur Rekreatif Dalam Perancangan Perpustakaan Di Kota Baru Parahyangan (KBP) Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Arsitektur TERRACOTTA. Volume I, Nomor 1. https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/terracotta/article/view/3374. 06 Oktober 2022

P. Pemustaka, T. Fungsi, R. Perpustakaan, dan K. Dalam, “The Assessment Of Librarian Towards The Recreational Function Of The Library In Fulfilling The Need Of Information.”

T. M. Asri, E. R. N. Wulandari, dan U. Jariyah, “Penerapan Story Telling Dan Instagram: Optimalisasi Layanan Perpustakaan Keliling Di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Kediri,” Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, vol. 40, no. 2, hlm. 237, Mei 2019, doi: 10.14203/j.baca.v40i2.478.

J. Senawati dkk., “The Benefits Of Reading Aloud For Children: A Review In Efl Context,” Ijee (Indonesian Journal of English Education), vol. 8, no. 1, hlm. 80–107, doi: 10.15408/ijee.v8i1.19880.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jipis.v2i1.8814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Illa Oktadiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JIPIS content about: library science, library scientific communication, library information and technology, archives and documentation, digital libraries, library management, knowledge management, digital and information literacy, information services in libraries

Indexed By:

   


 

Lisensi Creative Commons

JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam - distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional