Pengaruh Transformasi Digital terhadap Library Anxiety di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Cut Putroe Yuliana, Hisyam Syahputra

Abstract


Penelitian ini berjudul Pengaruh Transformasi Digital terhadap Library Anxiety di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah transformasi digital berpengaruh terhadap library anxiety di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh transformasi digital terhadap library anxiety di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Ranir Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan teknik purposive sampling dan sampel sebanyak 100 orang pemustaka. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan penyebaran angket dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan rumus regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikan pada regresi adalah 0.971 > 0.05 atau 5% taraf kesalahan yang telah ditentukan yang berarti bahwa tidak ada pengaruh atau keterkaitan yang signifikan antara transformasi digital dengan library anxiety.


Full Text:

PDF

References


F. Ilyasir, "Pendidikan Demokratis di Era Revolusi Industri 4.0," Jurnal Pembangunan dan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, vol. 7, no. 1, p. 61, 2019.

B. Wildemuth, "Library Anxiety Impedes College Students’ Library Use, but May Be Alleviated Through Improved Bibliographic Instruction," Evidance based library & information practice, vol. 12, no. 4, pp. 1-6, 2017.

E. Purwaningsih, "Library Anxiety Pemustaka di UPT.Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh," UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Banda Aceh, 2018.

N. A. Hanifah, "Library Anxiety pada Mahasiswa Tingkat Pertama di Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya," Universitas Airlangga, Surabaya, 2020.

Sugiyona, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018.

S. Maharani, "Analisis Hubungan Resiliensi Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Lingkaran," Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , vol. 1, no. 5, pp. 821-822, 2018.

N. R. Faradiba, "Hubungan Antara Library Anxiety dengan Berpikir Kritis pada Mahasiswa Baru Sunan Ampel Surabaya Angkatan'18," UIN Sunan Ampel, Surabaya, 2019.

E. Fatmawati, "Kecemasan Pemustaka: Salah Satu Penyebab rendahnya Tingkat Kunjungan Ke Perpustakaan," Media Pustakawan, vol. 26, no. 1, p. 54, 2019.

I. Irawati, "Spesialisasi dan Strukturasi dalam Transformasi Layanan Referensi Perpustakaan XYZ," Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi , vol. 3, no. 2, p. 162, 2018.

Ayu, "Transformasi Digital Sebagai Upaya Adaptif dalam meningkatkan Pendapatan di Era Disruption," Universitas Islam Negri Alaudin, Makasar, 2018.

D. Harefa, "Pengaruh Kecemasan di Perpustakaan Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pemustaka di UPT UIN Ar-Raniry Banda Aceh," UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 2019.

N. A.S, "Pentingnya Pendidikan Pemakai (User Education) di Perpustakaan Segoro Ilmu SMP Negeri 2 Kaliangkrik Kabupaten Magelang," Jurnal pendidikan, vol. 11, no. 2, pp. 1-8, 2020.

Sugiyanta, "Pendidikan Pengguna Perpustakaan," Jurnal Metakom, vol. 2, no. 1, pp. 107-120, 2018.

A. Wardani, "Peran Pendidikan Pengguna Terhadap Perilaku Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran," Libraria, vol. 5, no. 2, pp. 396-402, 2017.

N. P. Utami, "Pengembangan Multi Media "User Education" Untuk Meningkatkan Pemahaman Pemustaka dalam Memanfaatkan Fasilitas LayananPada Perpustakaan Universitas GANESHA," Acarya Pustaka, vol. 3, no. 2, pp. 1-19, 2017.

N. R. Faradiba, "Hubungan Antara Library dengan Berpikir Kritis Pada Mahasiswa baru UIN Sunan Ampel Surabaya Angkatan'18," UIN Sunan Ampel, Surabaya, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jipis.v1i1.5958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JIPIS content about: library science, library scientific communication, library information and technology, archives and documentation, digital libraries, library management, knowledge management, digital and information literacy, information services in libraries

Indexed By:

   


 

Lisensi Creative Commons

JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam - distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional