Sistem Keamanan Koleksi dalam Mencegah Vandalisme di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

yusrawati yusrawati

Abstract


Perpustakaan sebagai penyedia informasi selalu dikunjungi oleh pemustaka dari berbagai macam latar belakang, mempunyai keinginan, kebutuhan dan niat yang beragam. Keberadaan koleksi lengkap sebagai aset yang akan mendukung keberlangsungan perpustakaan. Dalam hal ini, perpustakaan wajib menjaga keamanan koleksinya demi menghindari percobaan penghancuran dan vandalisme koleksi di perpustakaan. Menyikapi permasalahan pencurian dan vandalisme koleksi, maka di perpustakaan memerlukan pengamanan koleksi baik secara fisik maupun dengan menggunakan sistem keamanan berbasis teknologi.. Berdasarkan uraian tersebut, penulis tertarik untuk mengangkat judul makalah ini ”Sistem Keamanan Koleksi Dalam Mencegah Pencurian dan Vandalisme di Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh”. Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh telah menerapkan sistem keamanan berbasis teknologi seperti pemasangan CCTV dan security gate. Hal ini dapat mempermudah pustakawan dalam mengontrol keamanan dalam mencegah terjadinya pencurian dan vandalisme di perpustakaan


Full Text:

PDF

References


Ajick, Penyalahgunaan Koleksi Perpustakaan di Perguruan Tinggi, http://pustaka.uns.ac.id/include/inc_print.php?nid=17, Solo:UNS, 2008, diakses 2 Mei, 2015.

Anggoro, Koesnanto, “Keamanan Nasional, Pertahanan Negara, dan Ketertiban Umum.” Makalah Pembanding Seminar Hukum Nasional VIII, Jakarta: Badan Pembinaan Hukum Nasional, Kehakiman dan HAM RI, 2003.

David Liston, Museum Security and Protection: A Handbook For Cultural Heritage Institutions, London: ICOM, 1993.

Fatmawati, Endang, The Art of Library: Ikatan Esai Bergizi tentang Seni Mengelola Perpustakaan, Semarang: Univsersitas Diponegoro, 2010.

Faramodyta Barcell dan Marlini, “Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Tindakan Vandalisme Di Kantor Arsip Perpustakaan Dan Dokumentasi Kota Padang”, Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan Vol. 2, No. 1, September 2013, Seri A. (Padang: UNP, 2013).

Gregory s. Hunter, Developing and Maintaining Practical Archives: how-to-do-manual, New York: Neal-Schuman, 2004.

Mirmani, Anon, Materi Pokok Pengawasan Kearsipan 1-6, Jakarta: Universitas Terbuka, 2014.

Nashihuddin, Wahid. 2011. Mesin Sirkulasi Mandiri Book Drop. http://www.pdii.lipi.go.id/read/2011/08/08/mesin-sirkulasi-mandiri-%E2%80%9Cbook-drop%E2%80%9D.html.

Osayande, Odaro, Electronic Security in Academic Libraries: A Case Study of Three Univerity Libraries in South West Nigeria, (Nigeria: an International Electronik Journal 32, 2007), URL://http:www.Iclc.us/cliej/cl32osayande.pdf.

Paul, 3M Library Systems. 2010. http://multimedia.3m.com/mws/mediawebserver?&fn=Why%20Tattle%20Tape%20Strips.pdf.

Sarno, R, Audit Sistem & Teknologi Informasi, Surabaya: ITS Press, 2009.

Sulistyo-Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993.

Syaikhu, Akhmad dan Sevri Andrian Ginting. “Keamanan Koleksi Perpustakaan.” Jurnal Perpustakaan Pertanian Vol.20 No.1, Jakarta: Perpustakaan Pertanian, 2011.

Tim Penyusun Kamus Pusat, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Yuyu Yulia, Materi Pokok Pengembangan Koleksi, Jakarta: Universitas Terbuka, 2009




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jipis.v1i1.5939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JIPIS content about: library science, library scientific communication, library information and technology, archives and documentation, digital libraries, library management, knowledge management, digital and information literacy, information services in libraries

Indexed By:

   


 

Lisensi Creative Commons

JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam - distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional