Analisis Kompetensi Pengelola Perpustakaan Dalam Melayani Siswa Tunagrahita Di Perpustakaan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar

Corry Mislonika, Dodi Nofri Yoliadi

Abstract


Abstrak
Pokok permasalahan dalam artikel ini adalah melihat sejauh mana kompetensi pengelola perpustakaan dalam melayani siswa tunagrahita di Perpustakaan SLB Negeri 1 Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kompetensi pengelola perpustakaan dalam melayani siswa tunagrahita di Perpustakaan SLB Negeri 1 Lima Kaum. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penjaminan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, sumber dan waktu. Hasil penelitian di Perpustakaan SLB Negeri 1 Lima Kaum menunjukkan Kompetensi personal diperoleh melalui pendidikan, pengalaman, dan bersifat kepribadian. Kompetensi manajemen ialah pengelola perpustakaan belum maksimal membuat dan mengevaluasi program kerja sama perpustakaan hanya mengetahui dari keikutserta pelatihan atau diklat kepustakawanan. Kompetensi pendidikan dengan membantu atau melayani akses informasi mengarahkan kepada siswa yang datang ke perpustakaan. Kompetensi ilmu pengetahuan dari segi pendidikan pengelola perpustakaan bukan latar belakang ilmu perpustakaan tetapi mengetahui dan mempraktikkan pengelolaan di perpustakaan hanya mengikuti pelatihan dan kompetensi pelayanannya sudah bagus. Kendala pertama, kompetensi kepribadian dalam berkomunikasi masih menggunakan bahasa daerahnya masing-masing, bahasa Indonesia kurang digunakan saat berkunjung ke perpustakaan. Kedua, kompetensi manajemen. Ketiga kompetensi pendidikan ialah pustakawan sudah memiliki gelar S.1 akan tetapi bukan dari program studi ilmu perpustakaan. Kompetensi pelayanan yaitu mengayomi siswa dalam melayani pencarian bahan pustaka sampai selesai karena koleksinya kurang lengkap. Serta kendala yang dialami terdiri dari kendala teknis: Terbatasnya waktu, dana dan tenaga pengelola perpustakaan sekolah maka proses kegiatan yang di perpustakaan juga terbatas. Pengelola tidak berlatar belakang ilmu perpustakaan. Kendala non teknis: Kompetensi pengelola terhadap pelayanan Perpustakaan SLB Negeri 1 Lima Kaum mengenai kemampuan dalam mengelola perpustakaan, fasilitas kurang memadai, anggaran atau dana dan sebagainya belum terlaksana dari awal berdiri perpustakaan sekolah. Upaya perpustakaan dalam memenuhi kebutuhan perpustakaan sekolah untuk siswa tunagrahita yaitu kompetensi pengelola perpustakaan melalui pendidikan dan ilmu pengetahuan, tenaga perpustakaan mengikuti pelatihan atau diklat dan webinar dibidang perpustakaan dari segi koleksi pihak sekolah menyediakan buku-buku bergambar menciptakan dan mempengaruhi minat baca anak untuk berkunjung ke perpustakaan.


Keywords


Kompetensi Pengelola, Pelayanan, Perpustakaan SLB Negeri 1 Lima Kaum, Siswa Tunagrahita

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jipis.v2i2.10625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Corry Mislonika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JIPIS content about: library science, library scientific communication, library information and technology, archives and documentation, digital libraries, library management, knowledge management, digital and information literacy, information services in libraries

Indexed By:

   


 

Lisensi Creative Commons

JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam - distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional