ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 KOTA SOLOK

Rahmad Azuwardi

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkap Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi pembelajaran oleh guru PAI dan Budi Pekerti pada aspek kompetensi sikap spritual dan sikap sosial berdasarkan Permendikbud No 22 tahun 2016 di SMA Negeri 1 Kota Solok. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti ditinjau dari sikap spiritual dan sikap sosial berdasarkan Permendikbud No. 22 dan 23 tahun 2016 di SMA Negeri 1 Kota Solok. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti, kepala sekolah dan sumber data lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan dilapangan terdiri atas temuan umum dan temuan khusus. Temuan umum berkaitan dengan sejarah dan profil sekolah sedangkan temuan khusus berkaitan dengan perencanaan yaitu pengembangan silabus K13 dari Propinsi kemudian guru mengembangkan indikatornya pada saat KKG guru PAI di SMAN 1 namun KKG guru PAI tidak berjalan dengan baik. Model RPP terbaru yang dibuat hanya satu KD atau satu pertemuan saja. RPP dikembangkan sesuai dengan budaya yang ada di lingkungan sekitar, pelaksanaannya yaitu alokasi waktu jam tatap muka pembelajaran 35 menit. dan Jumlah rombongan belajar 46 rombel. jumlah maksimum 36 Rombel, Buku teks pelajaran belum sesuai dengan kebutuhan peserta didik. dan evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti ditinjau dari sikap spritual dan sikap sosial. Buku penilaian tentang kognitif, afektif dan psikomotor terlambat dibuat. pengamatan langsung selama pembelajaran dan faktor pendukung bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran oleh guru PAI dan Budi di SMA Negeri 1 Kota Solok.


References


Abdullah Sani, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmad, Muhammad Abdul Qadir. 1985. Metodologi Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Proyek Pembinaan Prasarana dan Perguruan Tinggi Agama/IAIN.

Alghazali. 1993Mutiara Ihya Ulumuddin, Bandung: Mizan Pustaka.

Aly, Hery Noer. 199. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logor Wacana Ilmu.

Amin, Ahmad. 1995. Etika (Ilmu Akhlak). Jakarta: Bulan Bintang.

Aminah, Siti. 2016. Evaluasi implementasi KI-1 dan KI-2 di SD Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Evaluasi Pendidikan (Online), Vol 4 (1), 8 halaman. Tersedia:http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep

Anshari, Endang Syaifudin. 1993. Pokok-Pokok Pikiran Tentang Islam. Jakarta: Usaha Enterprise.

Halim, Mahmud Ali Abdul. 2004. Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani Press.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Machsin. 1995. Menyelami Kebebasan Manusia (Telaah Kritis Terhadap Konsepsi Al-Qur’an). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moeleong, Lexy J. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munawwir. 1997. Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Progresif.

Qardhawi, Yusuf. 1980. Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna. Jakarta: Bulan Bintang.

Ramayulis. 1994. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Ridwan Abdullah Sani, Inovasi Pembelajaran, Jakarta, Bumi Aksara:2013

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenidia Group.

Shihab, M. Quraish. 1994. Wawasana Al-Qur’an-Tafsir Tematik atas Berbagai Persoalan Ummat. Bandung: PT Mizan.

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. MetodePenelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010

Ulfah, Humaira. 2015. Studi realitas Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti jenjang SMA (Studi Deskriptif pada Berbagai Klasifikasi Guru SMA di Kota Bandung tahun 2015). Jurnal Pendidikan.

Umary, Barmawi . 1989. Materi Akhlak. Solo: Ramadhani.

Yunus, Mahmud. 1983. Metodik Khusus pendidikan Islam. Jakarta: Hidakarya Agung.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

E. Mulyasa, 2006, Implementasi Kurikulum 2013 Bandung: Remaja Rosdakarya.

E. Mulyasa, 2014, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Sebuah Panduan Praktis Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lexy J. Moleong, 2004, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Masidjo, 1995, Penilaian Pencapaian Hasil Belajar, Yogyakarta: Kanisius.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013 tentang standar isi pendidikan dasar dan menengah

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 tahun 2014 Tentang Penilaian hasil belajar oleh pendidik Pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2016 Tentang Standar Penilaian pendidikan.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional R.I Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jeh.v5i2.2666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rahmad Azuwardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 El-Hekam Indexed By: