IMPLEMENTASI STANDAR MUTU KEKHASAN JARINGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU PADA SMP IT IQRA’ KOTA SOLOK
Abstract
Pokok permasalahan dalam penelitian ini ingin mengetahui Implementasi Standar Mutu Kekhasan Jaringan Sekolah Islam Terpadu di SMP IT Iqra’ Kota Solok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Standar Mutu Kekhasan Jaringan Sekolah Islam Terpadu di SMP IT Iqra’ Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode etnografi, untuk mendapatkan data-data dari permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari pengurus yayasan bagian jaminan mutu, kepala sekolah dan guru. Analisis data menggunakan teknik yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, dan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi standar pendidik dan tenaga kependidikan di SMP IT Iqra’ Kota Solok mengacu kepada standar pendidik dan tenaga kependidikan yang dirumuskan Badan Standar Nasional Pendidikan dan standar mutu Jaringan Sekolah Islam Tepadu. Secara umum, SMP IT Iqra’ Kota Solok telah memenuhi standar mutu kekhasan Jaringan Sekolah Islam Terpadu dari ke empat standar mutu, yaitu standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar kurikulum, standar proses, dan standar pembinaan peserta didik. SMP IT Iqra’ Kota Solok dapat menjadi contoh bagi sekolah yang lain dalam mengelola dan menata penyelenggaraan pendidikannya.
Full Text:
Download PDF (Bahasa Indonesia)References
Abuddin Natta. 2014. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama
Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI. 2008. Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentangPendidikan
Fahmy Alaydroes dkk. 2014. Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu. Jakarta: JSIT Indonesia
Lexy J. Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sukring. 2013. Pendidik dan Peserta Didik dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sukmadinata dan Nana Syaodih. 2001. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik, Bandung: Rosdakarya
Syukro Muhab dkk. 2016. Panduan Pengelolaan Lembaga Penyelenggara Sekolah Islam Terpadu. Jakarta: JSIT Indonesia
Toto Suharto. 2014. Filsafat Pendidikan Islam, Yogjakarta: Ar-Ruzz Media
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jeh.v5i2.2547
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Roni Indra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
El-Hekam Indexed By: