IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MTSN DI KABUPATEN TANAH DATAR

Rahmawati Rahmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang dipertimbangkan dalam memilih metode pembelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam pada MTsN di Kabupaten Tanah Datar, untuk mengetahui perancangan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada MTsN di Kabupaten Tanah Datar, dan untuk mengetahui alasan guru menggunakan metode pembelajaran ini pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada MTsN di Kabupaten Tanah Datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif etnografi, penelitian ini dilakukan pada MTsN di Tanah Datar, yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang merupakan informan kunci. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik menguji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa implementasi penggunaan metode mengajar di mulai dari memilih metode yang akan digunakan yaitunya disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai dan materi yang akan diajarkan, dan dalam melaksanakan metode mengajar guru mempersiapkan bahan ajar, RPP, Silabus dan bahan pendukung lainnya, serta menggunakan metode mengajar guru lebih mudah mengajarkan materi pelajaran dan siswa lebih mudah memahami materi yang diterimanya.


References


Ahmadi Abu, 1985, Metodik Khusus Pendidikan Agama (MKPA), (Bandung: Armico).

Darajat Zakiah, 2004, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara), cet 3.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2010. Strategi Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: PT Rineka Cipta).

Hawi Akmal, 2013. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, cet-1.

Majid Abdul, dkk, 2005, Pendikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, (Bandung:Remaja Rosdakarya).

Muhaimin, 2009, Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen, kelembagaan, kurikulum hingga strategi pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers, cet.1, h.45

Sanjaya Wina, 2015, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Jakarta: Kencana).

Sudjana Nana, 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan, (Jakarta Sinar Baru Algensindo), cet ke-2.

Usman Basyiruddin, 2010, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, (Ciputat: Ciputat Press) cet-IV.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jeh.v5i1.2293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rahmawati Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 El-Hekam Indexed By: