Religiusitas Mahasiswa dan Implikasinya terhadap Program Pelatihan Kompetensi Kepribadian Calon Konselor

Fitria Yola, Ardimen Ardimen, Fadhilah Syafwar, Desmita Desmita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana religiusitas mahasiswa Bimbingan dan Konseling IAIN Batusangkar. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan sampel 82 orang responden. Hasil dari penelitian ini untuk keseluruhan dari religiusitas mahasiswa dikategorikan sangat baik, dengan persentase 73,2%.Terdapatnya kategori sangat baik namun setiap pada indikator dimensi keyakinan, dimensi peribadatan, dimensi, pengalaman, dimensi pengahayatan dan dimensi pengetahuan agama. Religiusitas mahasiswa masih terdapat mahaisiswa bimbingan dan konseling lebih unggul pada item negatif dibandingkan item positif.

 

This study aims to see how religious the Guidance and Counseling students of IAIN Batusangkar are. The type of this research is descriptive quantitative with sampling using random sampling technique with a sample of 82 respondents. The results of this study for the overall religiosity of students are categorized as very good, with a percentage of 73.2%. There is a very good category but each on the indicators of the dimensions of belief, dimensions of worship, dimensions, experience, dimensions of appreciation and dimensions of religious knowledge. Student religiosity there are still guidance and counseling students who are superior to negative items than positive items.

Full Text:

PDF

References


Al-Quran Terjemahan. (2015). Departemen Agama RI. Bandung: Darus Sunnah.

Ardimen, A. (2018). Pengembangan Kepribadian Konselor Berbasis Asmaul Husna dalam Pelayanan Konseling. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 15(2), 102–115. https://doi.org/10.14421/hisbah.2018.152-07

Ardimen, A. (2018). Visi Baru Konselor Sekolah dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di Sekolah dan Madrasah. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(1), 22–29. https://doi.org/10.21067/jki.v4i1.2733

Djamaludin, D. & Suroso, F. N. (2008). Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka belajar

Djuwarijah, D. (2005). Hubungan antara Tingkat Religiusitas dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa FIAI Angkatan 2002/2003 Tahun Pertama. Fenomena, 3(2), 110–118.

Corey, G. (2005). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Seventh Edition. Belmont : Brooks/Cole Thompson Learning.

Hasan, A. B. P. (2006). Psikologi Perkembangan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tahaha, H. & Rustan, E. (2017). Orientasi Religiusitas dan Efikasi Diri dalam Hubungannya dengan Kebermaknaan Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa IAIN Palopo. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 13(2), 163-179. https://doi.org/ 10.23971/jsam.v13i2.551

Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta.

Mayasari, R. (2014). Religiusitas Islam dan Kebahagiaan (sebuah telaah dengan prespekti psikologi). Al-Munzir, 7(2), 81-100. https://doi.org/10.31332/am.v7i2.281

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Naim, N. (2012). Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Oktadiana, R. (2018). Hubungan antara religiusitas dengan kontrol diri mahasiswa IAIN batusangkar (studi pada mahasiswa yang tinggal di wisma). Batusangkar: Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.

Yulitri, R., Ardimen, A., Hardi, E., & Gustina. (2020). Profil Perilaku Altruistik Mahasiswa dan Implikasinya terhadap Program Pelatihan Kompetensi Kepribadian Calon Konselor. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 5(2), 39-46. https://doi.org/10.21067/jki.v5i2.4363


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________