Peran Perempuan Pengrajin Batik Sariwarni Kabupaten Madiun Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam

Alfina Damayanti, Alfina Damayanti

Abstract


Partisipasi kaum perempuan saat ini tidak hanya berperan dalam lingkup rumah tangga saja akan tetapi perempuan juga memiliki peluang dan potensi yang sama besar dengan kaum laki-laki dalam bidang perekonomian melalui entrepreneur (wirausaha). Seperti halnya pada pengrajin Batik Sariwarni Kabupaten Madiun yang mana tenaga kerjanya di dominasi oleh kaum perempuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran  dan dampak perempuan pengrajin Batik Sariwarni Kabupaten Madiun dalam kegiatan pengembangan ekonomi kreatif ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Dalam penyusunan skripsi penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Peran perempuan pengrajin batik Sariwarni dalam pengembangan ekonomi kreatif batik begitu besar yaitu sebagai fasilitator distributor dan produsen batik, pembuatan pola dan motif batik yang penuh kerumitan, ketekunan dan kesabaran dilakukan oleh perempuan. Dalam perspektif ekonomi Islam pengrajin Batik Sariwarni Kabupaten Madiun ini sudah menerapkan usaha kreatifnya sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam. Dapat dilihat dari pemanfaatan sumber daya sesuai dengan sebaik-baiknya untuk mencapai falah. Motivasi yang mendorong perempuan pengrajin Batik Sariwarni yaitu dengan adanya pengalaman dan keterampilan serta waktu yang ada yang menjadikan perempuan bekerja, Dengan adanya potensi perempuan pengrajin Batik Sariwarni ini menimbulkan dampak yang positif terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi.


Full Text:

PDF

References


Arjana, G. B. (2016). Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Rajawali Pers.

Asriaty. (2014). Wanita Karir dalam Pandangan Islam. Al-Maiyyah, 7(2).

Bayum, M. R., Jaya, R. A., & Shalihah, B. M. (2022). Kontribusi Peran Perempuan dalam Membangun Perekonomian sebagai Penguatan Kesetaraan Gender di Indonesia. Al Huwiyah, 2(2).

Elwardah, K. (2020). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga melalui Produksi Ekonomi kreatif (Studi Pengolahan Pelepah Pisang pada Mega Souvenir Desa Harapan Makmur Kabupaten Bengkulu Tengah). Jurnal Hawa, 1(1).

Febriani. (2012). Peran Wanita dalam Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah di Kota Padang. Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(3).

Isnaini, H. S., & Nugrahini, D. S. (2022). Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam Pengembangan Usaha Makanan Kerupuk Beras Sebagai Ekonomi Kreatif Di Dukuh Sumurgung Desa Pucangrejo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1).

Isnaini, W., Setiawan, D., & Nisa, N. I. F. (2019). Pelatihan Penguatan Brand serta Penggunaan Digital Marketing bagi Kelompok Batik Sariwarni Kabupaten Madiun. Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 2(2).

Khairunnisa, I. (2017). Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di Daerah. Ilmu Ekonomi, 6.

Nofitasari, & Amri, M. (2022). Pengembangan Pemasaran UMKM Batik Tulis Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Desa Genilangit Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan. Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Pangestu, M. E. (2008). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Dapartemen Perdagangan RI.

Prantiasih, A. (2014). Reposisi Peran dan Fungsi Perempuan. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 27(1).

Prasetyo, Y. (2018). Ekonomi Syariah. Aria Mandiri Group.

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Erlangga.

Rekha. (2021). Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Peningkatan Pendapatan Pengrajin Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Pada Industri Bordir Kecamatan Indrajaya Kabupaten Pidie). UIN Ar-Raniry.

Rivai, V., & Buchari, A. (2013). Islamic Economics: Ekonomi Bukan Opsi, Tetapi Solusi. Bumi Aksara.

Rohimi. (2020). PEREMPUAN DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (Teori, Entitas Dan Perannya Di dalam Pekerjaan Sektor Informal). Guepedia.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Rajawali Pers.

Sugiyono. (2010). Statistik untuk Pendidikan,. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Suryana. (2013). Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru; Mengubah Ide Dan Menciptakan Peluang. Salemba Empat.

Syamsir, & Torang. (2014). Organisasi & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi). Alfabeta.

Tuwu, D. (2018). Peran Pekerja Perempuan Dalam Memenuhi Ekonomi Keluarga: Dari Peran Domestik Menuju Sektor Publik. Jurnal Al-Izzah, 13(1).

Zaharaini. (2016). Memberdayakan Perempuan Melalui Ekonomi Kreatif. Visioner & Strategis, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/al-ittifaq.v3i2.9497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alfina Damayanti, Alfina Damayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:
 

View My Stats