PERCEPTION OF IMPERFECT MOVIE VIEWERS ON WOMAN’S BODY IMAGE: SOCIAL AND ISLAMIC PRESPECTIVES

Rudi Pranata, Refika Mastanora, Fufusia Syafira

Abstract


Abstrak: Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai persepsi penonton dalam menafsirkan dan mengevaluasi perilaku komunikasi artis dalam film Imperfect dan mendeskripsikan mengenai persepsi penonton tentang body image perempuan dan bagaimana agama islam memandang jika terjadi perubahan bentuk fisik yang di sengaja oleh manusia. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi, wawancara penonton, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film Imperfect merupakan film yang  membawa kepada aura yang sangat positif tentunya  bagi penonton, karena  film ini mengajarkan kepada penonton film Imperfect untuk tidak lagi memandang dan melihat seseorang  berdasarkan bentuk fisiknya saja yang terlihat sempurna, apalagi perempuan selalu dituntut untuk berpenampilan langsing dan menawan, dalam perspektif Agama Islam  QS.At Tiin:4 telah dijelaskan bahwasanya “Allah telah menciptakan manusia dalam bentuk sebaik-baiknya”, dalam adegan tersebut Rara terlihat cantik setelah diet ekstreme  selama 1 bulan, dia sebagai tokoh utama menampilkan berbagai ragam wanita dengan senyum bahagia tanpa harus mengambil jalan pintas yakni dengan cara operasi plastik. Diakhir film, pesan social yang disampaikan kepada para penonton yakni mengubah rasa Insecure menjadi lebih bersyukur karena kita diciptakan dengan berbagai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Full Text:

PDF

References


Listyana, R. dan Hartono, Y. 2010. Persepsi dan Sikap Mahasiswa Terhadap Penanggalan Magetan. 5(1): 121- Jawa dalam Penentuan Waktu Penentuan Waktu Pernikaha: StudiKasus Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten 122.Liliweri, A. 2015. Komunikasi Antar-Personal. Edisi Pertama. Cetakan Pertama.Kencana Prenada. Jakarta.

Maulana, H. 2013. Psikologi Komunikasi. Edisi Pertama. Cetakan pertama.Gumelar Gumgum. Jakarta.

Moleong, Lexi, J. 2006. Meteodologi Penelitian Kuantitatif/ Lexi J. Moleong. Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nasrullah, R. 2014. Media Siber (CYBERMEDIA). Edisi pertama. Cetakan Kedua.Kharisma Putra Utama. Jakarta.

Priandono, T., E. 2016. Komunikasi Keberagaman. Edisi Pertama. Cetakan Pertama.PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

River, W.L., Jensen, J.W., dan Peterson., 2003. Media Massa & Masyarakat Modren. Edisi Ketiga. Cetakan Kedua. Pranda Media. Jakarta.

Sobur, A. 2013. Filsafat Komunikasi: Tradisi dan Metode Fenomenologi. Edisi Kedua. Cetakan Kelima. PT Remaja. Bandung.

Sobur, A. 2016. Semiotika Komunikasi. Edisi ketiga. Cetakan Keenam. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sondak, S. H. (2019). Faktor-Faktor Loyalitas Pegawai Di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Faktor-faktor Loyalitas Pegawai Di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, 676.

Sugiyono, 2013. Meteodologi Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

CCN.Indonesia.Com. ( 18 desember 2019). Sinopsis Imperfect: Karir, Cinta, dan Timbangan. CCN Indonesia. 18 desember 2019. Jakarta: CCN. Indonesia. Com

Khaeriyah, S. Mamesah, M. Dan Tjalla, A. 2017. Persepsi Terhadap Body Image Antar Siswayang Mengunakan Jilbab dengan Siswi Tidak Mengunakan Jilbab:Studi Kasus Komplatif di Smk Tirta Sari Jakarta Timur. Jurnal Bimbingan dan Konseling (150).




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/agenda.v3i2.4874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rudi Pranata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
AGENDA: Jurnal Analisis Gender dan Agama distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

       

View My Stats