Pemetaan Ideal Pola Distribusi Dana Zakat dan Wakaf untuk Kesejahteraan Mustahik (Studi di Lembaga Zakat Yatim Mandiri Surabaya, Jawa Timur)

Basar Dikuraisyin, Erinda Kusuma Dayanti

Abstract


Penelitian ini berupaya untuk memaparkan strategi pendistribusian dana zakat kepada mustahik yang dilakukan oleh lembaga amil zakat Yatim Mandiri Surabaya, Jawa Timur. Penelitian ini menemukan substansi nilai pentingnya karena berbagai problem pendistribusian dana zakat yang dinilai belum maksimal, dibuktikan dengan beberapa kasus pendistribusian dana zakat lebih rendah dibandingkan dana operasional, juga problem pendistribusian tidak produktif dan tidak menyelesaikan problem kemiskinan. Padahal, pendistribusian diperlukan strategi tepat dan produktif, dapat mengubah status mustahik menjadi muzakki. Keberhasilan manajemen zakat diukur dari produktifitas dan capaian kesejahteraan mustahik. Oleh karena itu, penelitian ini penting dipaparkan untuk memberikan percontohan, pembelajaran dan jalan keluar terhadap problem pendisitribusian zakat sekaligus menjadi pola yang dapat ditiru. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengandalkan penggalian data observasi non participant dari setiap prosesnya, pemilihan model observasi ini terkait dengan banyaknya data penelitian yang menggunakan wawancara, namun lemah pada aspek observasi. Proses interview dan dokumentasi digunakan hanya pada sebatas sekunder atau bahkan tersier. Dari penelitian ini didapat hasil yakni: 1) pendistribusian dana zakat, infak dan sadakah yang dilakukan oleh LAZ Yatim Mandiri Surabaya berdasar pada identifikasi wilayah yang dinamakan dengan desa binaan zakat, 2) probram pemberdayaan dana zakat, infak dan sadakah dipusatkan pada kebutuhan masyarakat sesuai karakter setiap wilayah berdasar pada potensi lokal, 3) beragam program pengembangan pemberdayaan masyarakat diarahkan pada kearifan lokal seperti potensi aset tanah, potensi budaya, potensi ekonomi dan potensi sumber daya.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. “Strategi Pemberdayaan Zakat Produktif (Studi BAZ Kabupaten Sukabumi Jawa Barat)”, Al-Mashlahah: Jurnal Hukum Islam dan Pranata Sosial Islam, 1,1(2013).

Ali, M. Daud. “Sistem Ekonomi Islam Zakat dan Wakaf”, (Jakarta: UI Press, 1988).

Ali, M. Daud. Sistem Ekonomi Islam Zakat dan Wakaf. Jakarta: UI Press, 1988.

Fauzia, Amelia; Ary Hermawan, dalam Idris Thaha (Ed), Berderma untuk semua; Wacana dan Praktik Filantropi Islam”. Jakarta:Teraju Pess, 2003.

Ghazali (al), Zainuddin bin Muhammad Al-Malibari, 1991, Kitab Fath Al-Mu’in, (Bairut: Darul Al-Khair, 1998).

Hafidhuddin, Didin dkk, The Power of Zakat Studi Perbandingan Pengelolaan Zakat Asia Tenggara. Malang:UIN Malang Press, 2008.

Haidir, M. Samsul. “Revitalisasi Pendistribusian Zakat Produktif sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan di Era Modern”, Muqtasid, 10, 1(2019).

Halim, H. Abdul. Hukum Perwakafan di Indonesia. Jakarta:Ciputat Press, 2005.

Khatib, Muhammad Al-Iqra’. Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1978.

Nazir, Moh. Metodologi Penelitian. Bogor: Penerbitt Ghalia Indonesia, 2011.

Qahaf, Mundzir. Sanadât Al-Ijârah, Al-Ma’had Al-Islâmy li Al-Buhûts waAt-Tadrî. Cairo: Dar as Salam, 1995.

Rosadi, Aden; Mohamad Anton Athoillah, “Distribusi Zakat di Indonesia: antara Sentralisasi dan Desentralisasi”, Ijtihad: Jurnal Wacana Hukum Islam dan Kemanusiaan, 15, 2(2015).

Sabiq, Sayyid. Fiqhu As-Sunnah. Lebanon:Dar al-Arabi, 1971.

Sari, Elsi Kartika. Pengantar Hukum Zakat dan Wakaf, (Jakarta:PT Grasindo, 2007).

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2012.

Supranto, J. Tiknik Riset Pemasaran dan Ramalan Penjualan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 2000.

Syahriza, Mulkan; Pangeran Harahap; Zainul Fuad, “Analisis Efektifitas Distribusi Zakat Produktif dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik (Studi Kantor Cabang Rumah Zakat Sumatera Utara)”, at-Tawassuth, IV, 1(2019).

Wahyuddin Maguni, “Peran Fungsi Manajemen dalam Pendistribusian Zakat: Distribusi Zakat dari Muzakki ke Mustahik pada Badan Amil Zakat”, Jurnal al-‘Adl, 6, 1(2013).

Zabir, Muzakkir. “Manajemen Pendistribusian Zakat melalui Program Unggulan Beasiswa oleh Baitul Mal Aceh”, al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam, 1,1(2017).

Zuhaili, Wahbah. al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, Damaskus: Dar al-Fikr al-Mu’as, 1999.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/zawa.v1i1.3591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Basar Dikuraisyin, Erinda Kusuma Dayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ZAWA: Management of Zakat and Waqf Journal

Indexed By:

      

 

View My Stats