PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM (FEBI) INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) YASNI BUNGO

Busriadi Busriadi, Siti Patimah, Hermansyah Hermansyah, Nidia Zuhara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli online mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam (IAI) Yasni Bungo dan untuk mengetahui bagaimana penerapan etika bisnis Islam terhadap ganti rugi dalam transaksi jual beli online mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam (IAI) Yasni Bungo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengikatan deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam (IAI) Yasni Bungo sudah menerapkan prinsip etika bisnis Islam walaupun belum sepenuhnya. Karena pihak penjual masih melakukan diskriminasi kepada pembeli dengan melakukan kebohongan dan juga memposting barang yang tidak sesuai dengan aslinya. Pihak penjual masih memikirkan kepentingannya sendiri, sehingga sangat merugikan pembeli apabila barang tersebut datang tidak sesuai yang di inginkan, dan dalam pelaksanaan ganti rugi transaksi jual beli online Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam (IAI) Yasni Bungo sudah bertanggung jawab, jika kesalahannya dari penjual maka mereka akan menggantikan setengah dari harga atau barang baru, tapi kalau kesalahannya dari pembeli maka mereka tidak mau bertanggung jawab.


Keywords


Etika Bisnis Islam, Jual Beli Online, Mahasiswa

References


Ahliwan Ardhinata. (2015). Keridhaan (Antaradhin) dalam Jual Beli Online (Studi Kasus UD. Kuntajaya Kabupaten Gresik. Universitas Airlangga, II, n(Januari 2015), 49.

Amalia, F. (2019). Etika Bisnis Islam: Konsep dan Implementasi pada Pelaku Usaha Kecil.

Azizah, M. (2020). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Daring Di Toko Online Shopee. IAIN Purwokerto, X, no(Mei 2020), 91.

Darmawansyah, T. T. (2020). Akad as-Salam dalam Sistem Jual Beli Online (Studi Kasus Online Shopping di Lazada.co.id). UIN Suan Gunung Djati Bandung, III,(Januari-Juni 2020), 22.

Djakfar, M. (2012). Etika Bisnis: Menangkap Sprit Ajaran Langit dan Pesan Moral Ajaran Bumi. Penebar Plus.

Fathoni, N. (2020). Konsep Jual Beli dalam Fatwa DSN-MUI. IAIN Walisongo Semarang, IV, 68–69.

Fatimah. (2019). Nilai-Nilai Amanah dalam Al-quran (Suatu Kajian dengan Pendekatan Tafsir Maudhu’iy). STAI Negeri Sorong, XI, n(April 2019), 125.

Ikit. (2018). Jual Beli Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Gava Media.

Juliyani, E. (2016). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Ummul Qura, VII, 67.

Kristianto Dwi Estijayandono, et. a. (2019). Etika Bisnis Jual Beli Online Dalam Perspektif Islam. Hukum Ekonomi Syariah, III,(Januari-Juni), 54.

Nafiuddin. (2018). Memahami Sifat Shiddiq Nabi Muhammad SAW Perspektif Bisnis Syariah. IAI Sholahuddin Al-Ayubbi Bekasi, vol.VI, n, 118.

RI, K. A. (2006). Alquran dan Terjemahnya. Maghfiroh Pustaka.

Safira, D. (2020). Bisnis Jual Beli Online dalam Perspektif Islam. Manajemen Dakwah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, V, no(Mei 2020), 61.

Sigit, M. (2016). Etika Bisnis islam. Diandra Pustaka Indonesia.

Wulansari, F. M. (2015). Jual Beli Online yang Aman dan Syar’i (Studi terhadap pandangan pelaku Bisnis Online di kalangan Mahasiswa dan Alumni Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga. UIN Sunan Kalijaga, VII,(Desember 2015), 202.

Zahroh, F. (n.d.). Nilai Fathonah dalam Pengelolaan Bisnis di Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo. II, n, 751.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jtm.v8i2.7854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siti Patimah, Hermansyah Hermansyah, Nidia Zuhara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

             

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.