STRATEGI DAN METODA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS IMTAQ DI SEKOLAH/MADRASAH

Milya Sari

Abstract


Biology, as one field of science, provides various learning experience to understand the concept and the process of science. Biology subject aims at promoting positive attitudes toward Biology by realizing the orderliness and the beauty of the universe and praising the Almighty of God. It is also responsible for establishing Islamic values through instructional materials being taught and consequently the instructional goals can be attained. To arrive at such goals, particular learning approach, strategy, and even method which integrate Islamic values into instructional materials are really needed. This, in turn, will make learning meaningful to students and promote better learning output. Nevertheless, teachers’ readiness, evaluation system and the availability of learning facilities might become the pitfalls.

Kata kunci: strategi dan metoda pembelajaran, nilai-nilai imtaq

References


Dwi, Agus Waskito, 2010. Pembe-lajaran Biologi yang Berbasis Imtaq dengan Pendekatan Integ-ratif (Science, Environment, Society, Teknology and Rerigion). (Online) http://www.alfarabi1984.wordpress.com/2010/10/. diakses 9 Okt. 2010.

Baiquni, Ahmad, 1997. Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan Kealaman. Dana Bhakti Primayasa. Yogya-karta.

Hidayat, Ara. 2002. Peran Guru IPA Biologi dalam Menbudidayakan Hidup Sehat, Pembelajaran Ter-padu untuk Menunjang Pendidikan Kewarganegaraan. (Online) Ab-strak Thesis Program Studi Pen-didikan Umum, PPs UPI lulusan tahun 2002. http://www.upi.org. Diakses Desember 2007.

Zaman, Asep Nur. 2003. Pendidikan Islam Keluar dari Suasana Kolot. Koran Republika. Senin 6 Januari 2003.

Supriadi, Dedi. 2004. Membangun Bangsa Melalui Pendidikan. Re-maja Rosda Karya. Bandung.

Departemen Pendidikan dan Kebudaya-an RI. Direktorat Jendral Pen-didikan Dasar dan Menengah 1996. Naskah Keterkaitan 10 Mata Pelajaran di SMU dengan Imtaq. Jakarta, Bagian Proyek Peningkat-an Wawasan Kependidikan Guru agama. Jakarta

Yahya, Harun 2002. Bacalah dengan Nama Tuhannua Yang Men-ciptakan. Pengantar Film Penge-tahuan Populer Harun Yahya Series. Jakarta : Nada Cipta Raya.

Hermayulis, 1990. Pengenalan Etika Lingkungan Sejak Dini Merupakan Salah Satu Upaya Mewujudkan Pembangunan Berwawasan Ling-kungan. Padang, Andalas, Jurnal Penelitian dan Pengembangan pada masyarakat Unand, Hal. 98-104.

Junaidi, et al. 2008. Strategi Pembe-lajaran. Learning Assistance Prog-ram For Islamic Schools. Edisi Pertama. Pendidikan Guru Mad-rasah Ibtidaiyah. Lapis – Depar-temen Agama.

Sari, Milya. 2002. Pemahaman Ayat-ayat Al Qur’an Melalui Sains dan Teknologi. Jurnal Ilmiah Ta’dib. Vol. 8, No. 8 (Januari-Juni 2002). STAIN Batusangkar

_____.2005. Peran Manusia Terhadap Lingkungan dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Ta’dib. Vol. 8, No. 2 (Desember 2005). STAIN Batusangkar

_____. 2007. Aplikasi Multimedia se-bagai Inovasi dalam Pembe-lajaran Ilmu Kealaman Dasar (IAD). Jurnal Al-Ta’lim. Vol. XIV No 26. th 2007. IAIN Imam Bonjol Padang.

_____. 2009. Integrasi Imtaq dan Iptek dalam mata Kuliah Ilmu Kealaman Dasar (IKD/IAD). Jurnal. Ta’dib. Vol. 12, No. 2 (Desember 2009). STAIN Batusangkar

Abdushshamad, Muhammad Kamil. 2002. Mukjizat Ilmiah dalam Al-qur’an, Jakarta, Akbar Media Eka Sarana.

Permendiknas Nomor 22 tahun 2006. tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Sekretariat Jendral Depdiknas.

Sadiman, A.S., Rahardjo, R, dan Haryono, A. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Raja Grafindo Per-sada. Jakarta, 2003, h. 7.

Situmorang, M., Efektivitas Model Pembelajaran Terhadap Pening-katan Prestasi Belajar Peserta didik Dalam Perkuliahan Kimia Analitik-1, Laporan Hasil Pene-litian, FMIPA Universitas Negeri Medan. 2003.

Hermaningsih, Tri Retno. 2009. Peng-aruh penggunaan media pembe-lajaran VCD dan media cetak terhadap prestasi belajar biologi ditinjau dari motivasi belajar pada siswa kelas VIII (penelitian pada siswa SMPN 1 di Kab. Banjar-negara) th. Pelajaran 2008/2009. (online). Tesis Program Studi Teknologi Pendidikan PPs Unis-ma, Surakarta. http://www.Pasca. uns.ac.id/ diakses 9 November 2010.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembe-lajaran berorientasi Standar Pro-ses Pendidikan. Edisi 1. Jakarta: Kencana.

Qardhawi, Yusuf, 2001. Islam Agama Ramah Lingkungan. Jakarta: Pus-taka Al-Kautsar.

Sardar, Zainuddin 1996. Jihad in-telektual, Merumuskan Paramiter-Paramiter Sains Islam, Terjemah-an AE Priyono, Risalah Gusti, Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jt.v13i2.185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Milya Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

TA'DIB with registered number e-ISSN: 2580-2771, p-ISSN: 1410-8208 have been indexed on:

 

Ta'dib Visitor

Lisensi Creative Commons
Journal Ta'dib distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.


Contact us: Ta'dib; Address: FTIK, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar; Jl. Sudirman No. 137 Lima Kaum Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat, Indonesia. Email: takdib@uinmybatusangkar.ac.id