INTEGRASI IMTAQ DAN IPTEK DALAM MATA KULIAH ILMU KEALAMAN DASAR (IKD/ IAD)
Abstract
Studying science and technology should not lead Moslems to atheism. Conversely, the more Moslems study science and technology, they more they realize the existence of “the All Controller” of the universe. In fact, Islam encourages its believers to seek for both science and technology based knowledge (aqliyah) and faith based ones (naqliyah). The improvement on faith (imtaq) can well realized through the mastery on science and technology. These two fields are not standing alone or even against one another. In fact, they should in a good integration. Such integration can be implemented through a subject called Ilmu Alamiah Dasar (Basic Science). Through learning and understanding the perfect creation of Allah, one will improve his/her faith and in turn get closer to Him.
Kata Kunci: integrasi, imtaq, iptek, ilmu kealaman dasar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Baiquni Ahmad, 1997. Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan Kealaman. Dana Bhakti Primayasa. Yogya-karta.
Ara Hidayat. 2002. Peran Guru IPA Biologi dalam Menbudidayakan Hidup Sehat, Pembelajaran Ter-padu untuk Menunjang Pendidikan Kewarganegaraan. Abstrak Thesis Program Studi Pendidikan Umum, PPs UPI lulusan tahun 2002. http://www.upi.org. Diakses Desember 2007.
Asep Nur Zaman. 2003. Pendidikan Islam Keluar dari Suasana Kolot. Koran Republika. Senin 6 Januari 2003.
Dedi Supriadi. 2004. Membangun Bang-sa Melalui Pendidikan. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Dit. Jen. Dikti, Depdiknas, 2001, Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta.
Dit.Jen.Dikti, Depdiknas, 2004, Modul Acuan Proses Pembelajaran Mata-kuliah Berkehidupan Bermasya-rakat: Ilmu Sosial dan Budaya Dasar & Ilmu Alamiah Dasar, Jakarta
Departemen Pendidikan dan Kebudaya-an RI. Direktorat Jendral Pen-didikan Dasar dan Menengah (1996). Naskah Keterkaitan 10 Mata Pelajaran di SMU dengan Imtaq. Jakarta, Bagian Proyek Peningkatan Wawasan Kepen-didikan Guru agama. Jakarta
Harun Yahya, 2000. Menyingkap Rahasia Alam Semesta. http:// www.geocities.com/pakdenono. Diakses Juni 2007.
Hamka. 1987. Pelajaran Agama Islam. Cet. Ke 9. Bulan Bintang. Jakarta
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/ U12090 tentang Pedoman Pe-nyusunan Kurikulurn Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 0451U/2002 tentang Kurikulurn Inti Perguruan Tinggi
Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan tinggi, Depcliknas Nomor 30/ DIKT1/Kep/2003 tentang Ram-bu rambu Pelaksanaan Mata-kuliah Berkehidupan Bermasya-rakat di Perguruan Tinggi
Keputusan Dir Jen Dikti, Depdiknas Nomor 44/DIKT1/Kep/2006 ten-tang Rambu rambu Pelaksanaan Kelompok Matakuliah Berke-hidupan Bermasyarakat di Per-guruan Tinggi
Milya Sari. 2004. Reorientasi Pen-didikan Sains pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Ta’lim. Vol. XI No 16. th 2004. IAIN Imam Bonjol Padang.
Syaifuddin Sabda. 2006. Model Kuri-kulum Terpadu Iptek dan Imtaq, Desain, Pengembangan dan Im-plementasi. Quantum Teaching. Jakarta.
Tim Penulisan Buku Sains, 1981. Zat dan Energi, Buku Pelajaran Ilmu Alam untuk SMP kelas 1. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Balai Pustaka.
Yusuf Qardawi, 2006. Fiqih Prioritas. http://www.geocities.com/pakdenono. Diakses Juni 2007
Zainuddin Sardar (1996). Jihad in-telektual, Merumuskan Paramiter-Paramiter Sains Islam, Terjemah-an AE Priyono, Risalah Gusti, Surabaya.
DOI: http://dx.doi.org/10.31958/jt.v12i2.166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2009 Milya Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
TA'DIB with registered number e-ISSN: 2580-2771, p-ISSN: 1410-8208 have been indexed on:
Journal Ta'dib distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Contact us: Ta'dib; Address: FTIK, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar; Jl. Sudirman No. 137 Lima Kaum Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat, Indonesia. Email: takdib@uinmybatusangkar.ac.id