ANALISIS PREFERENSI PASIEN DALAM MEMILIH JASA PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT ISLAM IBNU SINA PEKANBARU

Rina Sabri, Fahmi Oemar, Helwen Heri

Abstract


This study was conducted on inpatients at Ibnu Sina Hospital Pekanbaru with the aim of knowing the factors that influence patient preferences from location, socio-economic factors, service quality and patient satisfaction as an intervening. The research population was conducted on inpatients at Ibnu Sina Hospital Pekanbaru with a research sample of 150 people who were taken by simple random sampling method. The study used quantitative analysis and descriptive statistics. For the analysis tool used Structural Equation Model which is processed with SmartPLS2 Software. The results of research analysis at RSI Ibnu Sina prove that the location of the hospital, the socioeconomic status of the family, the quality of health services affect patient satisfaction. Patient satisfaction has an effect on mediating the quality of health services on patient preferences and has no effect on mediating location and socioeconomic status on patient preferences.

 


Full Text:

PDF

References


Asrul Azwar (1996), Syarat pokok pelayanan kesehatan, dalam Isniati Jurnal Kesehatan Masyarakat, September 2007, II (1)

Alamsyah, 2017.Faktor-faktor yang mempengaruhi pasien dalam pemanfaatan layanan rawat jalan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin”. Skripsi. Departemen Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin. Makassar.

Anggri vebnia, Ari pradhanawati, Sendhang nurseto, 2013,pengaruh fasilitas, lokasi dan tarif terhadap loyalitas melalui kepuasan pasien sebagai variabel mediasi pada pasien poli rumah sakit muhammadiyah semarang, artikel jurnal,vol.2, no.4-2013

Chriswardani Suryawati, Dharminto, Zahroh Shaluhiyah,2006, Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, Volume 09 No. 04 Desember,2006 Halaman 177 - 184

Dever, G.E Alan.1984. Epidemiology in health Service Management. United States Of America: Aspen Publishers, Inc.

Desi Fantri, Achmadi, M. Basri, 2012, JPPK Vol.1 No.1, Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan (Studi Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Yarsi Pontianak)

Dina Ramadhanti, 2016, Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, Vol.16 No.2 (2016), Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Sikap Kewirausahaan

Diskha Marzaweny, Djumilah Hadiwidjojo, Teddy Chandra, 2012, Analisis Kepuasan Pasien sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Citra Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru,artikel Jurnal, ISSN :1693-5241.

Dumpapa, Y. 2010. Hubungan Lokasi, Biaya, Personil dan Informasi rumah sakit dengan keputusan memilih rawat inap di RSUD Bitung. Manado: Program Pasca Sarjana Universitas Sam Ratulangi

Fitria Apriliani Yulinda, Saryadi, Bulan Prabawani, 2016, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Tarif, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pasien Dalam Menggunakan Jasa Rawat Inap Pada Rumah Sakit Permata Medika Semarang, Jurnal Ilmu Administrasi-Ejournal3.Undip.Ac.Id

Ivany vatriscia, 2021, faktor yang mempengaruhi preferensi masyarakat pada pelayananan kesehatan rsu mitra sejati medan johor, jurnal health sains vol.2 no.7,2021.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. PT.Indeks, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rina Sabri, Fahmi Oemar, Helwen Heri