APPLICATION OF COOPERATIVE LEARNING OF ‘THINK PAIR SHARE’ TYPE USING MEDIA PICTURE FOR LEARNING OUTCOMES OF IPA VIIIB SMPN 8 KUNTO DARUSSALAM

Yustini Yustini

Abstract


The purpose this is to inscrese students learning outcomes SAINS class VIIIb SMPN 8 Kunto Darussalam years 2015/2016 by using cooperative learning model think pair share tipe using picture media. This research is class action research (CAR), the time of this research on 7 Agustus to 1 September 2015. Subject of this research is students class VIIIb SMPN 8 Kunto Darussalam years 2015/2016 whit totals 20 students consist of 9 male students and 11 female students. The collecting data of this research using descriptive analysis. The data that analyzed are result of science understanding concept and scientific performance. The students capacity of learning outcome before CAR is 69,25 and increase amount of 13,24% first cycle become 82,49 and on the second sycle increase amount of 5,21% become 87,70. Can be summery that application of cooperative learning think pair share tipe using picture media can increase the result of students learning biologi class VIIIb SMPN 8 Kunto Darussalam years 2015/2016.


Full Text:

Download PDF

References


Ali,M. 2009. Paradigma Belajar IPA Biologi. http://nizamudinshamazia.wordpres.com. Diakses 11 Febuari 2012.

Arikunto, S. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Rajawali Press. Jakarta.

Benniyan .2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIIB SMPN 3 Benai Kuantan Singingi Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau: Pekanbaru.

Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta:Rineka Cipta

Daryanto. 2010. Panduan Proses Pembelajaran. AV Publiser. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Djamarah, S. B. dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Elfis. 2010a. Bahan Ajar Cetak. http://elfisuir.blogspot.com/2010/01/bahan-ajar-cetak.html. (Diakses 20 Maret 2012).

Elfis. 2010b. Alur PTK. Available at http://elfisuir.blogspot.com. (Diakses 20 Maret 2012).

Elfis. 2010b. Hubungan AntaraKonstruktivismedengan Pendekatan Kontekstual. Available at http:// elfisuir. blogspot.com.html. (Diakses 20 Maret 2012).

Elfis. 2010c. Pendekatan Konstektual dalam Pembelajaran Biologi. Atvaible at.http://elfisuir.blogspot.com.html. (Diakses 20 Maret 2012).

Elfis. 2010d. Teknik Analisis Data. Available at. http://elfisuir/blogspot.com/2010/01/teknik analisis data.html. (Diakses 20 Maret 2012).

Elfis. 2008. Panduan Umum Pemetaan Standar Isi SMP/MTs dan SMA/MA. Tidak diterbitkan. Pekanbaru. FKIP-UIR.

Hamalik, O.2006. ProsesBelajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.

Ibrahim, M. Rachmadiarti, F. Nur, M. dan Ismono. 2000. Model Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Iskandar, D. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan Menggunakan Media Gambar dapat Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII5 SMPN 29 Pekanbaru Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau: Pekanbaru.

Kunandar. 2007. Guru Profesional. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Lie. A, 2010. Mempraktekkan Cooperatif Learning di ruang-ruang Kelas.Grasindo PT Grasindo.Jakarta.

Minirianti, R. 2011 PenerapanPembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 4 Kampar Kiri Hilir Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Islam Riau. Pekanbaru.

Sadiman, A. 2007. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan danPemanfaatannya. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Sanjaya,W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorentasi Strandar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo. Jakarta.

Sardiman, A.M. 2010.2012.Interaksi dan motivasi Belajar mengajar. Raja Wali Press: Jakarta.

Slavin.R.E, 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktek. Nusa Media.

Sudjana, N. 2008. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Soemanto, W. 2006. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Trianto. 2009. Mendesain Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Proceedings