TULIS-MENULIS (KITABAH) SEBAGAI PILAR KEILMUAN PERSPEKTIF AL-QURAN:PENDEKATAN TAFSIR TEMATIK, HERMENEUTIK, DAN LINGUISTIK

Risman Bustamam

Abstract


Manusia adalah makhluk belajar, dengan segala potensinya. Belajar dan pembelajaran, kemudian harus menggerakkan semua potensi manusia itu. Justru itu, membaca dan menulis sebagai kegiatan inti dan kunci dalam proses pembelajaran, seharusnya diselaraskan sebagai keahlian peserta didik muslim. Selama ini keterampilan membaca menjadi focus yang dikampanyekan, padahal menulis juga hal yang sangat vital dan strategis dalam pandangan Al-Quran. Al-Quran dalam banyak ayat mengajarkan tentang kode etik dalam kegiatan tulis menulis, semisal; bersikap jujur, benar, bertanggaungjawab, memberi manfaat,  saling menghormati, tidak menuding dan memprovokasi, dan  menjadi kunci dokumentasi, tranformasi, dan pengembangan ilmu pengetahuan.


Full Text:

Download PDF

References


Program Maktabah Syamilah versi II

`Abdul Bâqî, Muhammad Fu’ad, al-Lu’lu’ wa al-Marjân fîmâ Ittafqa `alaih al-Syaikhân, Kairo: Dâr al-Hadîts, 2005, Tp.Cet.

-------, al-Mu`jam al-Mufahras li Alfâzh al-Qur’ân al-Karîm, Beirût: Dâr al-Fikr, 1987, Cet.I.

Abdul Ghafur, Waryono, Tafsir Sosial: Mendialogkan Teks dengan Konteks, Yogjakarta: eLSAQ Press, 2005, Cet.I

`Abdul Lathîf, Muhammad `Abdul Wahhâb, Mausû`aħ al-Amtsâl al-Qur’âniyaħ, Maidân al-Aobra: Maktabaħ al-Adâb, 1993, Cet.I.

Abdul Mujib, Kepribadian dalam Psikologi Islam, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006, Cet.I.

Akk, Khâlid `Abdul Rahmân al-, Ushûl al-Tafsîr wa Qawâ’iduh, Damaskus: Dâr al-Nafâ’is, 1986, Cet. III

Al-Qur’ân al-Karîm dalam CD Qur’an 6.50 versi Indonesia

Al-MIrzanah, Sayafa’atun dan Sahiron Syamsuddin, Pemikiran Hermeneutik dalam Tradisi Barat Reader, Jokjakarta: Lembaga Penelitian, 2011

--------, Upaya Integrasi Hermeneutika dalam Kajian Al-Quran dan Hadis, Teori dan Aplikasi, Jokjakarta: Lembaga Penelitian UIN, 2012.

Anîs, Ibrâhîm, dkk., al-Mu’jam al-Wasîth, Beirût: Dâr al-Ma`ârif, 1972, Cet. II.

Ashfahânî, Abu Qâsim al-Husein al-Râghib al-, al-Mufradât fî Gharîb al-Qur`ân, Beirût, Dâr al-Fikr, tp.th., tp.cet.

--------, Mu’jam Mufradât Alfâzh al-Qur’ân al-Karîm, Beirut: Dâr al-Fikr, 1972, tp.cet.

Azhami, MM, Sejarah Teks Al-Quran dari Wahyu sampai Kompilasi, Jakarta; GEma Insani, 2014.

Daghâmin, Ziyâd Khalîl Muhammad al-, Manhajiyaħ al-Bahts fî al-Tafsîr al-Maudhû’î li al-Qur’an al-Karîm, Yordan: Dâr al-Basyîr, 1995, Cet. I.

Farmawî, `Abd al-Hayy, Kairo: Matba`aħ Nahdhaħ al-`Arabiyaħ al-, tp.th., Al-Bidâyaħ fî al-Tafsîr al-Maudhû`î: Dirâsaħ Manhajiaħ Maudhû`iyaħ, tp.cet..

--------, Metode Tafsir Maudhu`iy: Sebuah Pengantar, Penerjemah Suryan A.Jamrah, Jakarta : Rajawali Pers dan LSIK, 1994, Cet.I.

Hidayat, Komaruddin, Menafsirkan Kehendak Tuhan, Jakarta: Teraju, 2004, Cet. II.

Kassis, Hanna E., A Concordance of The Qur’an, Berkeley/Los Angeles/London, University of California Press, 1983, Cet.IX.

Krippendorff, Klaus, Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi, Jakarta: RajaGrafindo, 1993, Cet. 1.

Langgulung, Hasan, Peralihan Paradigma dalam Pendidikan Islam dan Sains Sosial, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2002, Cet.I.

McAuliffe, Jane Dammen, “Hermeneutik Al-Qur`an: Pandangan al-Thabarî dan Ibnu Katsîr,” Artikel dalam Jurnal Studi Qur`an TëKS, Bandung, PPs.IAIN SGD, 01, 2002.

Muslim, Mushthafâ, Mabâhits fî al-Tafsîr al-Maudhû’î, Damaskus: Dâr al-Qalam, 1989, Cet. I.

Pateda, Mansoer, Semantik Leksikal, Jakarta: Reneka Cipta, 2001.

Qaththân, Mannâ’ Khalîl al-, Mabâhits fî `Ulûm al-Qur’ân, Riyâdh: Mansyurât al-‘Ashr al-Hadîts, tp.th, Cet.III.

Saenong, Ilham B. Hermeneutika Pembebasan: Metodologi Tafsir Al-Quran Menurut Hassan Hanafi, Jakarta: Teraju, 2002, Cet. I

Shihab, Muhammad Quraish, Menyingkap Tabir Ilahi, Jakarta: Lentera Hati, 2001, Cet.IV.

--------, Membumikan Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan, 1998, Cet. XVIII

--------, Menabur Pesan Ilahi; Al-Quran dan Dinamika Kehidupan Masyarakat, Jakarta: Lentera Hati, 2006, Cet. I.

Suprayogo, Imam, dan Tabroni dalam Metodologi Penelitian Sosial-Agama, Jakarta : Remaja Rosdakarya, 2001.

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Kepribadian,Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1998, Cet.VIII.

Suyûthî, Jalâl al-Dîn al-, al-Itqân fî `Ulûm al-Qur`ân, Beirût: Mu'assasaħ al-Kutub al-Tsaqâfiyaħ, ditahqîq oleh Sa’id al-Mandûh, 1997, Cet.I.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2004, Edisi Revisi, Cet.X.

--------, Psikologi Pendidikan; Suatu Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995, Cet.II.

Team Departemen Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahannya, Bandung: Lubuk Agung, 1989.

-------, Al-Qur’an Dan Terjemahannya, Madinah: Majma` al-Malik Fahd, 1420 H.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2001, Cet.I, Edisi III

Ullman, Stephen, Pengantar Semantik, Jokjakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Zaini, Hisyam dan kawan-kawan, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD, 2013

Zuhailî, Muhammad Mushthâfâ Wahbaħ al-, al-Tafsîr al-Munîr fî al-`Aqîdaħ wa al-Syarî`aħ wa al-Manhaj, Beirût: Dâr al-Fikr al-Mu`âshir, 1998, Cet. I.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Proceedings