INTERAKSI SIMBOLIK MASYARAKAT MADANI DALAM PERSPEKTIF ILMU SOSIAL

Syaiful Marwan, Marhen Marhen

Abstract


Penulisan artikel ini bertujuan memberikan gambaran secara teoritik bagaimana interaksi simbolik masyarakat madani yang dilihat dalam ilmu sosial. Kemajemukan masyarakat tidak menjadi suatu masalah bagi masyarakat yang mandiri. Masyarakat yang memiliki kompetensi ini memiliki kemampuan strategis dalam memperlihatkan eksistensinya. Sikap yang professional dari masing-masing individu diperlihatkan secara aktif tanpa ada saling dorong-dorongan terkait tugas dan tanggungjawabnya. Perilaku yang ditunjukkan, dalam bentuk indentitas menjadi simbol perilaku bersama yang normatif dan saling bekerja sama individu satu sama lain. Banyak tantangan yang dihadapi diperlihatkan dengan sikap yang dinamis dan penuh rasa percaya diri. Hubungan bermasyarakat terlihat kooperatif dan sangat integratif. Banyak identitas positif yang memperlihatkan simbol identitas dalam berinteraksi. Oleh sebab itu, dalam masyarakat yang mandiri atau dikenal dalam masyarakat yang madani, perilaku positif menjadi simbol dari masyarakat ini.


Full Text:

Download PDF

References


Ahmadi, D. (2008). Interaksi Simbolik: Suatu Pengantar. Mediator: Jurnal Komunikasi, Vol. 9. No. 2. Hal: 301-316.

Fathia, W., & Marwan, S. (2020). SOCIAL COMMUNICATIONS USING INDONESIAN LANGUAGE IN THE 4.0 REVOLUTION ERA’S PERSPECTIVE. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(1), 223-231.

Khalis, M. (2014). Pembaharuan Pendidikan Islam Menuju Masyarakat Madani. Jurnal Mudarrisuna, Vol. 4, No. 1. Hal:60-77

Marwan, S. (2019). STUDENTS’INTERACTION BETWEEN RELIGIOUS AND ETHNIC MINORITIES IN MULTICULTURAL SOCIETIES AND VALUES OF PANCASILA IN SMP MARIA PADANG CITY. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 3(1), 305-312.

Giddens, Anthony. 1994. Beyond Left and Right: The Future of Radical Politics. Cambridge: Polity Press.

Prayitno, U. S (2015). Etnisitas Dan Agama Di Kota Surabaya: Interaksi Masyarakat Kota Dalam Perspektif Interaksionisme Simbolik. Jurnal Aspirasi. Vol. 6. No.2. Hlm: 119-130.

Ritzer, George, Douglas J. Goodman. 2004. Sociological Theory. New York: McGraw-Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Syaiful Marwan, Marhen Marhen