EFEKTIFITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN BEHAVIORAL UNTUK MENGATASI KEDISIPLINAN SANTRI ASRAMA PUTRI DI MTI CANDUNG

Siti Rahmah Tursina, Alfi Rahmi, Wedra Aprison

Abstract


Penelitian ini beranjak dari fenomena terdapatnya santri yang kurang disiplin dalam mengikuti peraturan di asrama, dimana santri terlambat pergi sekolah, santri keluar asrama tanpa izin, tidak melaksanakan tugas piket, melanggar peraturan secara berulang, untuk mengatasi kedisiplinan santri tersebut peneliti mencoba memberikan layanan konseling kelompok menggunakan pendekatan behavioral. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok menggunakan pendekatan behavioral untuk mengatasi kedisiplinan santri asrama putri di MTI Candung. Penelitian ini tergolong penelitian quasi exsperiment (eskperimen semu) dengan  bentuk  rancangan  The Non Equivalent Control Group. Populasi adalah santri kelas 5 dan kelas 6 yang berjumlah 46 orang, sedangkan sampel penelitian adalah santri kelas 5 yang terindikasi memiliki kedisiplinan rendah berdasarkan teknik non random sampling dan rekomendasi pembina asrama. Instrumen pengumpulan data adalah skala likert. Teknik analisis data menggunakan, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji mann-whitney U-Test dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,017 lebih kecil dari  < nilai probabilitas 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada perbedaan rata-rata skor kedisiplinan santri kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol atau dengan kata lain layanan konseling kelompok menggunakan pendekatan behavioral untuk mengatasi kedisiplinan santri dengan layanan konseling kelompok konvensional untuk mengatasi kedisiplinan santri menghasilkan skor kedisiplinan yang berbeda.


Full Text:

Download PDF

References


Atiati, Hanif dan Titin Indah Pratiwi. (2013) Penerapan Konseling Kelompok Behavior Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Sman 1 Kedungadem Bojonegoro. Jurnal BK UNESA

Achin, Amir. 1990. Pengelolaan Kelas dan Interaksi Belajar Mengajar. Ujung Pandang. IKIP Ujung Pandang Press

Adhiputra, A.A Ngurah. 2015. Konseling Kelompok Perspektif Teori dan Aplikasi. Yogyakarta. Media Akademi

Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama

Kurnanto, M. Edi. 2014. Konseling Kelompok. Bandung. Alvabeta CV

Prayitno. 2017. Konseling Profesional yang Berhasil Layanan dan Kegiatan Pendukung. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada

¬¬¬_______, & Erman Amti. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta. PT Rineka Cipta

Syawaluddin, S. (2017). Konsep Diri Anak Ditinjau Dari Jenis Kelamin Di Panti Asuhan Kota Padang. Humanisma: Journal Of Gender Studies, 1(1)

Taufik.2009. Model-model Konseling. Padang. UNP Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Rahmah Tursina, Alfi Rahmi, Wedra Aprison