GURU PAI DAN USAHANYA MENGEMBANGKAN POTENSI INTELEKTUAL SISWA DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN

Silvia Susrizal

Abstract


This research was conducted because of the need to develop intellectual potential in the learning process carried out by Islamic Religious Education teachers at SMP N 29 Padang. The purpose of this study was to determine the efforts made by Islamic Religious Education teachers in developing students' intellectual potential in improving the learning process. The research method used is descriptive qualitative field research. The data analysis technique used is in accordance with the Miles and Huberman Model, namely data reduction, data presentation, and data inference. In this study, PAI teachers have made efforts to develop students 'intellectual potential, such as providing subject matter according to the basic competencies to be achieved, giving assignments to students to improve students' memory and understanding of the material given, remembering students. knowledge and insight, and convey material with the lecture method, ask students to memorize lessons, give students the opportunity to discuss and present in front of the class, and the teacher uses the method of thinking in delivering material.


Full Text:

Download PDF

References


Abimanyu, S. dan La Sulo, S. L. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. 2008.

Ali Hosein Hakeem, Membela Perempuan: Menakar Feminisme dengan Nalar Agama Terjemahan Dari Islam Dan Feminisme, Jakarta: Al-Huda, 2005.

Amstrong, Thomas, Setiap Anak Cerdas,Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Al Qaradhawi, Yusuf, Retorika Islam, Jakarta: Pustaka Al Kautsar Group, 2004.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Sebagai Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Renika Cipta, 2001.

‘Azmi Azizah, Abu, Bagaimana Berfikir Islami, Surakarta: Era Intermedia, 2004.

Baharuddin,Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Bungin, Burhan, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006.

Chatib, M. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.2010.

Delta Auliya, Yaniyullah, Melejitkan Kecerdasan Hati Dan Otak Menurut Petunjuk Alqur’an Dan Neurologi, Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada, 2005.

Departemen Agama Islam RI, Al-Qur’an danterjemahannya, Bandung: PT. Syaamil Al-Qur’an

Direktorat Pendidikan Menengah Umum Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Departemen Pendidikan Nasional, Pedoman Diagnostik Potensi Peserta Didik, ,2004.

Hadi ,Sutrisno, MetodologiResearch, Yogyakarta: Andi Offset, 1987.

Hamka, Lembaga Budi, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1983.

Http:/hahajhi.wordpress.com/pengembangan-potensi-diri

https://www.wallstreetenglish.co.id/lifestyle/definisi-peran-kecerdasan-intelektual/2020

Jack R.Fraenkel, Norman E.Wallen, How to Design and Evaluate Research, Singapore: McGraw-Hill Inc, 1993.

J.R. Raco, Metode Penelitian Kualitatif : Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannaya, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia Kompas Gramedia Building.

Kemp, J. E, Morrison, G. R, and Ross, S. M. Designing Effective Instruction. New York: Macmillan College Publishing Company.1994.

Khomeini, Imam, Insan Ilahiah; Menjadi Manusia Sempurna dengan Sifat-sifat Ketuhanan: Puncak Penyingkapan Hijab-Hijab Duniawi, Jakarta: Pustaka Zahra, 2004.

M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam; Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.

-------------, Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Alqur’an, Jakarta: PT. Rineka Cipta, , 2005.

Madjid, Nurcholish, Islam Kemodernan dan Keindonesiaan, Bandung: Mizan, 1991.

Moh. Rosyid, Strategi Pembelajaran Demokratis, Semarang: UPT. Unnes Press, 2006.

Nawawi, Hadari, Penelitian Terapan, Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press, 1996.

Masyhud, S. Pengajaran Mikro untuk Mahasiswa FKIP Universitas Jember. Tidak Diterbitkan. Hand Out. Jember: UPPL dan Microteaching FKIP Universitas Jember.2012.

Najati, Utsman, Alqur’an Dan Ilmu Jiwa, Bandung: Penerbit Pustaka, 1997.

-----------, Psikologi dalam Alqur’an, Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Nata, Abudin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada, 2003.

-----------, Pendidikan dalam Perspektif Hadits, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2005.

-----------, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2011.

Nizar, Samsul, Pengantar Dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001.

Pasiak, Taufiq, Revolusi IQ/EQ/SQ: Menyingkap Rahasia Kecerdasan Berdasarkan Al-qur’an dan Neurosains Mutakhir, Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2008.

Prayitno, Pendidikan, Dasar Teori dan Praksis, Padang: UNP Press, Jilid I, 2009.

----------, Pendidikan, Dasar Teori dan Praksis, Padang: UNP Press, Jilid II, 2009.

Program Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang, Buku Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Padang:Penerbit IAIN Imam Bonjol Padang, 2007.

PurwakaniaHasan,Aliah. B, Psikologi Perkembangan Islami, Jakarta: PT. Raja Grafindo P, 2006.

Sudjana, Nana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Bandung: Percetakan Sinar Baru Algensindo Offset, 1988.

S Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito, 2002.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan.Bandung: CV. Bandung, 2008.

Syaodih Sukmadinata, Nana, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Offset, 2010.

Sayyid, Muhammad, Pendidikan Remaja antara Islam dan Ilmu Jiwa, Jakarta: Gema Insani Press, 2007.

Rahman Saleh, Abdul, Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam, Jakarta: Kencana, 2004.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia, 2002.

Rosalin, E. Gagasan Merancang Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Karsa Mandiri Persada.2008.

Rusman. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.2012.

Sahih Bukhari Jilid IV, Kuala lumpur, 2004.

Santrock, Jhon W, Adolescence Perkembangan Remaja, Jakarta: Erlangga, 2003.

Saryono, Djoko, “Pendidikan Sekolah Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Dan Intelektual Pelajar Untuk Menyongsong Abad Pengetahuan” dalam Nizamia vol.12 no.1,2009.

Shihab,M.Quraish, MembumikanAlqur’an, Bandung: Penerbit Mizan, 1994.

-----------,WawasanAlqur’an, TafsirMaudhu’iAtasPerbagaiPersoalanUmat, (Bandung: Mizan, 1996.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alpabeta, 2018.

Suryanti. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.2008.

Syaodah Sukmadinata, Nana, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan : Bagian 1 Ilmu Pendidikan Teoritis, Bandung: PT.Imperial Bhakti Utama, 2007.

Widiyatmoko, A. Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. (Online), (http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii), diakses 31 Oktober 2013. 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Silvia Susrizal