IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS GAMBAR DI SEKOLAH DASAR DI KOTA SERANG

Rahimah Rahimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pembelajaran Bahasa Arab berbasis gambar di Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan adalah Kualitatif dengan mengambil responden sebanyak 31 siswa dari kelas 4 tahun akademik 2019-2020, di salah satu Sekolah Dasar Kota Serang, Provinsi Banten. Responden diambil secara purposive sampling dan data dianalisis dengan menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran Bahasa Arab dengan media gambar dapat melatih siswa memahami teks bacaan dasar dengan baik. Pengajaran bahasa Arab tidak hanya menekankan pada aspek gramatika tetapi juga berdasarkan fungsional dan situasional.  Berdasarkan analisis data dan dokumen implementasi pembelajaran berbasis gambar, siswa dapat mengekspresikan ide-ide mereka dalam bahasa Arab dan memahami aspek fungsional. Keterampilan berbahasa, seperti dasar-dasar mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis dapat lebih dikuasai.  Implikasi dari model pembelajaran media bergambar adalah dapat memberikan dampak positif bagi siswa Sekolah Dasar dalam belajar bahasa Arab, yaitu memudahkan siswa memperoleh kosakata baru dan menumbuhkan minat dan motivasi serta dapat berkomunikasi dalam kalimat sederhana antara satu sama lain dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.


Full Text:

Download PDF

References


Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). BAHAN AJAR SEBAGAI BAGIAN DALAM KAJIAN PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Salaka| Sastra Indonesia, 2(1).

Albantani, A. M. (2015). Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran bahasa arab di madrasah ibtidaiyah. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 178–191.

AMS, D. N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA materi Cara mengklasifikasikan makhluk hidup Melalui Model Cooperative learning kombinasi tipe picture and picture dengan make a match pada siswa kelas VII SMP N 4 Ambarawa Tahun Pelajaran 2019/2020. IAIN SALATIGA.

Brown, H. D. (2007). Prinsip pembelajaran dan pengajaran bahasa, Edisi Kelima. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat Di Jakarta.

Chaer, A. (1994). Linguistik umum. Rineka Cipta Jakarta,, Indonesia.

Hidayat, T., & Suryana, T. (2018). Menggagas Pendidikan Islami: Meluruskan Paradigma Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(1), 75–91.

Khuong, C. T. H., & Thi Tran, L. (2018). Internationalisation at home for tourism training programmes: case studies from Vietnam. Higher Education Evaluation and Development, 12(1), 19–35. https://doi.org/10.1108/heed-01-2018-0003

Kusumawati, K. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Melalui Media Kartu Gambar Dengan Metode Picture And Picture Pada Siswa Kelas Viii A Smp Negeri 2 Kedungwuni. Universitas Negeri Semarang.

Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implemetasinya (p. 100). Badung: Remaja Rosdakarya.

Novianti, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Concept Mapping (Studi di Kelas VII SMP Negeri 1 Rangkasbitung). UIN SMH BANTEN.

Nurdin, S. (2005). Guru profesional dan implementasi kurikulum. Ciputat. Ciputat Press.

Ramadhani, R., Masrul, M., Nofriansyah, D., Abi Hamid, M., Sudarsana, I. K., Sahri, S., Simarmata, J., Safitri, M., & Suhelayanti, S. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.

Sabandi, A. (2013). Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 1–9.

Sagala, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sapiin, S., Marii, M., Atmaja, C., & Khairussibyan, M. (2020). PENYULUHAN DIKSI WASIAT RENUNGAN MASA PENGALAMAN BARU KARYA TGKH MUHAMMAD ZAINUDDIN ABDUL MADJID SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PUISI RAKYAT SETEMPAT PADA GURU-GURU BAHASA INDONESIA MTs NW GUNUNG SARI. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1).

Selby, S. T., Cruz, A. R., Ardoin, N. M., & Durham, W. H. (2020). Community-as-pedagogy: Environmental leadership for youth in rural Costa Rica. Environmental Education Research, 1–27.

Shihab, M. Q. (1995). Membumikan Al Qur’an, Bandung: Mizan; cet. XI.

Starks, D., Shem Macdonald, H. N., & Roos, J. (2019). Linguistic Landscapes as Transformative Curriculum Artefacts in Schools and Universities. The Routledge Handbook of Language Education Curriculum Design.

Sugiono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M. (1988). Kurikulum dan Pengajaran. Depdiknas.

Sunarti, E., & Purwani, R. (2016). Ajarkan anak keterampilan hidup sejak dini: gunakan setiap kesempatan optimalkan potensi anak. Penerbit Bestari.

Syamsudin, S., Ginanjar, M. H., & Yasyakur, M. (2019). EVALUASI MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP PEMBANGUNAN SATU (PESAT) KOTA BOGOR TAHUN AJARAN 2017/2018. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(2B), 167–178.

Tur’aeni, E. (2019). Implementasi Pendekatan Fungsional Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mtsn Al-Hilal. Shaut Al Arabiyyah, 7(2), 173–192.

Utami, R. D. (2016). Membangun Karakter Siswa Pendidikan Dasar Muhammadiyah Melalui Identifikasi Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Profesi Pendidikan Dasar, 2(1), 32–40.

Yusuf, M. (2019). Psikolinguistik Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Postmetode. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 183–202.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rahimah Rahimah