PENERAPAN DAN EFEKTIVITAS METODE QIRO’ATI DALAM MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BACA ALQURÂN (Studi di SMP Islam Terpadu AL-Masykar Bina Insani Waringinkurung)

Oman Faturohman, Umi Kultsum

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang penerapan dan efektivitas metode Qiro’ati dalam mengoptimalkan kemampuan baca Alqurân di SMPIT Al-Masykar Bina Insani. Qiro’ati adalah salah satu metode yang digunakan dalam proses pembelajaran Alqurân yang sudah teruji efektifitasnya serta keberhasilannya dalam mengoptimalkan kemampuan baca Alqurân di berbagai sekolah. Namun, berdasarkan informasi yang diperolah penulis dari salah satu guru Alqurân di SMPIT Al-Masykar Bina Insani yang juga menggunakan metode Qiro’ati dalam proses pembelajaran Alqurânnya, yaitu terdapat banyak siswa yang belum mampu membaca Alqurân dengan baik, belum menguasai ilmu tajwid dan bahkan terdapat pula siswa yang masih terbata-bata ketika membacanya. Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui penerapan dan efektivitas metode Qiro’ati pada pembelajaran Alqurân di SMPIT Al-Masykar Bina Insani. Kedua, untuk mengetahui optimalisasi kemampuan baca Alqurân dengan metode Qiro’ati di SMPIT Al-Masykar Bina Insani. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metodologi penelitian berupa deskriptif analitis atau penelitian yang data-datanya merupakan hasil transkip dan analisis dari observasi, wawancara dan dokumentasi tentang pembelajaran Alqurân dengan metode Qiro’ati di SMPIT Al-Masykar Bina Insani. Hasil analisis yang diperoleh yaitu: Pertama, penerapan metode Qiro’ati di sekolah tersebut belum terlaksana dengan efektif. Kedua, kemampuan siswa dalam membaca Alquran di sekolah tersebut belum optimal.


Full Text:

Download PDF

References


Al-Khawi, Mahmud, 2007, Mendidik Anak Dengan Cerdas. Sukaharjo: Insan Kamil.

Arsya, Ahmad dan Anwar, 2004, Pendidikan Anak Usia Dini, Bandung: PT Alfabeta.

Suwadi, Abdul Hafidz, Muhammad Nur, 2003, Mendidik Anak Bersama Nabi : Terjemahan Salafudin Abu Sayyid, Solo: Pustaka Arafah.

Muhamin, 2003, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam: “Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum Hingga redivisi Islamisai Pengetahuan”, Bandung: Nuansa.

Bisri, Mustofa, 2015, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Parama Ilmu.

Syah, Muhibbin, 2003, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Syah, Muhibbin, 2010, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ismail, 2008, Strategi Pembelajran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: Rasail Media Group.

Murdiono, Mukhamad, 2012, Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan, Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Uno, Hamzah B., 2006, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Moeslichatoen, 2004, Metode Pembelajaran di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu, Joko Tri Prastya, 2005, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV Pustaka Setia.

Khon, Abdul Majid, 2013, Praktikum Qira’at Keanehan Bacaan Alquran Qira’at Ashim dari

Dokumentasi Kordinator Qiroati SMP IT Al Masykar Bina Insani Tahun Pelajaran 2019-2020.

Wawancara dengan Ustadzah Nur Cahaya (Ketua Kordinator Qiroati Cabang Serang-Banten), Jumat, 30 November 2018, pukul 10.00.

Marjito, Imam, 2006 Pedoman Metode Praktis Pengajaran Ilmu baca Alquran, Yogyakarta.

Zarkasyi, Salim, Dahlan, 2006, Qiro’ati Pelajaran Bacaan Gharib-Musykilat&Hati-Hati dalam Alquran, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Oman Faturohman, Umi Kultsum