PROMOTION STRATEGY IN INCREASING THE NUMBER OF NEW SANTRIES IN MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH (MTI) PONDOK PESANTREN SYEKH MUHAMMAD DJAMIL JAHO

Himyar Pasrizal, Amelia Ajis, Asmendri Asmendri, Abhanda Amra, David David

Abstract


This study examines the promotion strategy in increasing the number of new students. This research is aimed at alumni of Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Jaho. The purpose of this study was to determine the promotion strategy at the MTI Syekh Muhammad Djamil Jaho Islamic Boarding School. This type of research is a qualitative descriptive study to reveal events or facts, circumstances, phenomena, variables and circumstances that occurred during the research by presenting what actually happened. The instrument used to collect data was an interview guide, with direct interview techniques to the head of MTs, several grade VII students and several MTI alumni. Based on the research results, it was stated that every promotion mix carried out by MTI alumni that was very influential was word of mouth marketing. As for the magnitude of the influence given by words of mouth marketing is the number of new students who come from outside the Padang Panjang area.


Full Text:

Download PDF

References


Aliyannata, Susana. 2016. Manajemen Strategi Humas dalam Promosi Penerimaan Siswa Baru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Simo.

Anwar, Dedik Fatkul. 2014. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Peminat Layanan Pendidikan di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta

Asmiati, Muh. Akbar, Iqbal Sultan. 2014. Strategi Promosi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dalam Meningkatkan Jumlah Calon Mahasiswa Pasca Peralihan dari Institut Menjadi Universitas.

Assauri, Sofjan. 2013. Strategic Management: Sustainable Competitive Advantages. Jakarta: Rajawali Pers.

Darmansyah, Surya, Hafied Cangara, M. Iqbal Sultan. 2014. Strategi Promosi Dalam Meningkatkan JumlahMahasiswa Pada Politeknik Negeri Media KreatifMakassar.

Daulay, Haidar Putra. 2006. Pendidikan Islam: dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Farida, Ida. 2014. Pengaruh Strategi Promosi, Kualitas Produk dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelangan Tas dan Dompet Maju Jaya Promotion Home Industry.

Farlela, Shinta. 2014. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Sepeda Motor Honda Pada PT. Daya Anugrah Mandiri Samarinda.

Hakim, Lutfil. 2014. Strategi Promosi Madrasah Ibtidaiyah Roudlotuzzahidin Karanganom dalam Meningkatkan Jumlah SiswaPada Tahun Pelajaran 2013/2014.

Hidayatullah, Ujang Syarif. 2010. Strategi Promosi SMP PGRI 12 Jakarta dalam Meningkatkan Jumlah Siswa.

Hidayatulloh, Muhammad Syarif. 2015. Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen dalam Memilih Sekolah Menenah Atas (SMA) Yayasan Pendidikan Islam Darussalam Cimanggis-Ciputat.

Hedynata, Marceline Livia & Wirawan E.D. Radianto. 2016. Strategi Promosi dalam Meningkatkan Penjualan Luscious Chocolate Potato Snack.

Nurulwaasi, Mangifera Marsya. 2017. Analisis Strategi Promosi dalam Pengembangan Pariwisata (Studi Pada Pariwisata Kabupaten Pesawaran).

Kusuma, Muhammad Halim. 2016. Strategi Pemasaran Penerimaan Peserta Didik Baru di SMK Muhammadiyah 2 Jatinom Klaton.

Pujiyanto. 2013. Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Rahman, Syafi’ur. 2015. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan.

Rohman, Fathur. 2015. Strategi Promosi dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Berpendidikan di Pesantren (Study Kasus di Ponses Tahfidzul Qur’an di Manggis Mojosongo Boyolali).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Dosen 2014. Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Himyar Pasrizal, Amelia Ajis, Asmendri Asmendri, Abhanda Amra, David David