ANALISIS PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA COVID 19

Fadriati Fadriati, Lita Sari Muchlis

Abstract


Terjadinya Pandemi Covid 19 berdampak terhadap dunia pendidikan. Hal ini membuat terhambatnya proses pembelajaran yang biasanya berlangsung secara tatap muka. Akibatnya perubahan terhadap model pendidikan, sehingga mampu mengakselerasi revolusi industri 4.0 dalam bidang pendidikan. Sistem pembelajaran dilakukan jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi infomrasi. Salah satu teknologi infomrasi dalam manajermen pembelajaran online adalah Learning Manajemen Sistem, yaitu aplikasi perangkat lunak untuk kegiatan dalam jaringan yang dapat digunakan untuk mengelola program pembelajaran elektronik, mendistribusikan materi ajar dan interaksi guru dan siswa. LMS memungkinkan penyimpanan hasil tes, tugas secara digital. Beberapa Sekolah Menengah Atas telah menerapkan konsep ini dalam pembelajaran dalam bentuk google classroom, edmodo dan moodle. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Learning Management Sistem pada pembelajaran online di masa covid 19 yang mencakup adiminstrasi perangkat pembelajaran, kehadiran, proses pembelajaran dan sistem penilaian dan hasil analisis angket siswa terhadap penggunaan software Learning Management System dengan persentase 92.3 % dengan kategori sangat baik artinya Learning Management System menjadi pembelajaran menyenangkan secara online


Full Text:

Download PDF

References


Georgiev T., E. Georgieva, A. Smrikarov. 2004. M-Learning-A New Stage of E-Learning, International Conference on Computer Systems and Technologies-Comp Sys Tech.

Areias C. M., A. J. Mendes & A. J. Gomes. 2007. Learning to Program with Pro Guide, In International Conference on Engineering Education–ICEE 2007. Portugal: Coimbra.

Jenkins, T. 2002. On the Dificulty of Learning to Program, 3rd Annual LTSN ICS Conference, Lough borough University.http://www.ics.heacademy.ac. uk/Events/conf2002/tjenkins.pdf, Last.

Tuparov, G., Tuparova, D., & Jordanov, V. 2014. Teaching Sorting and Searching Algorithms Through Simulation-Based Learning Objects in an Introductory Programming Course. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116, 2962–2966. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.688.

Ibrahim Ouahbia, et al. 2014. Learning Basic Programming Concepts By Creating Games With Scratch Programming Environment. Procedia-Social and Behavioral Sciences 191 (2015) 1479–1482.

Ibrahim Ouahbia, et al. 2014. Learning Basic Programming Concepts By Creating Games With Scratch Programming Environment. Procedia-Social and Behavioral Sciences 191 (2015) 1479–1482.

Fatih Saltan. 2017. The Impact of Online Algorithm Visualization on ICT Students’Achievements in Introduction to Programming Course. Journal of Education and Learning; Vol. 6, No. 1: Published by Canadian Center of Science and Education.

Osman Erol, Adile Askım Kurt. 2016. The Effects of Teaching Programing with Scratch on Pre-Service Information Technology Teachers’ Motivation and Achievment. Computers in Human Behavior.

LS. Muchlis, K.Rukun, Krismadinata, dan Yahfizham. “A New Model Mobile Learning Management System Based On Moodle In University". 2017 Conference.unp.ac.id/ index.php/ ICTVET /4thictvet 1 (1), 487-491

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pendidikan Daring di Masa Covid-19", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/12/112834471/pendidikan-daring-di-masa-covid-19?page=all.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fadriati Fadriati, Lita Sari Muchlis