KESIAPAN SISWA MTsN 2 PESISIR SELATAN UNTUK MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 DITINJAU DARI ASPEK KREATIVITASNYA

Fadillatul Nisa

Abstract


Penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kesiapan siswa menghadapi era society 5.0 ditinjau dari aspek kreativitasnya. Indikator kreativitas yang diuji meliputi: 1) kemampuan untuk berpikir lancar; 2) kemampuan untuk berpikir luwes; 3) kemampuan untuk berpikir orisinil; dan 4) kemampuan untuk berpikir elaboratif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa MTsN 2 Pesisir Selatan kelas IX yang berjumlah 212 orang. Sampel penelitian adalah 15% dari total populasi atau sebanyak 32 orang. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket yang terdiri dari 23 item valid dengan reliabilitas sebesar 0.909. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: 1) pengecekan atau pengoreksian data yang telah dikumpulkan, karena kemungkinan data yang masuk (raw data) atau data terkumpul itu tidak logis dan meragukan (editing); 2) pemberian atau pembuatan kode pada tiap data yang termasuk dalam kategori yang sama (coding); dan 3) membuat tabel-tabel yang berisikan data yang telah diberikan kode sesuai dengan analisis yang dibutuhkan (tabulation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa MTsN 2 Pesisir Selatan memiliki tingkat kreativitas tinggi dan sudah memiliki kesiapan untuk menghadapi era society 5.0.

Full Text:

Download PDF

References


Al-Khalili, A. 2005. Mengembangkan Kreativitas Anak. Jakarta: Al-Kautsar

Anna Craft. 2003. Membangun Kreativitas Anak. Terjemahan Chairul Annam. Jakarta: Inisiasi Press

Guilford, J.P. 1970. Creativity Research: Pas, Present and Future. California: University Southern California

Hamalik, O. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Nursito. 1999. Penuntun Mengarang. Yogyakarta: Adi Cipta

Panjaitan, Agustina & Surya, Edy. 2017. Creative Thinking (Berpikir Kreatif) Dalam Pembelajaran Matematika. Tersedia di: https://www.researchgate.net/publication/321849189_CREATIVE_THINKING_BERPIKIR _KREATIF_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA diakses tanggal 14 Agustus 2019

Satiadarma, P., Monty, dan Fidelis E. 2003. Waruwu, Mendidik Kecerdasan. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suharsimi Arikunto. 1986. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara

Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Utami Munandar. 1987. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah: Penuntun Bagi Orang Tua. Jakarta: Gramedia World Economic Forum. 2018. The Future of Jobs Report. Tersedia di: http://www3.weforum.org/docs/WEF_Future_of_Jobs_2018.pdf diakses tanggal 10 Agustus 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fadillatul Nisa