MEMBANGUN EKONOMI MASYARAKAT DENGAN MENGEMBANGKAN PARIWISATA HALAL BERKERARIFAN LOKAL: PELUANG DAN TANTANGANNYA DI DESA KUBUGADANG KOTA PADANG PANJANG

Ifelda Nengsih, Irma Suryani

Abstract


Pariwisata halal Indonesia telah tumbuh sebesar 7,3% dalam omset pariwisata keseluruhan. Hal ini tentunya perlu menjadi perhatian khusus bagi masyarakat karena dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan yang salah satunya adalah perekonomian. Mengangkat tema budaya lokal, daerah Kubu Gadang Padang Panjang telah menjadi salah satu objek wisata berbasis syariah di Sumatera Barat. Paket wisata yang ditawarkannya terdiri dari 3 jenis yaitu: Kuliner, Atraksi dan Edukasi Pelancong Yang mana keseluruhan paket ini dikemas dengan latar belakang adat dan budaya. Melalui wawancara dengan penggiat wisata daerah ini dan observasi langsung kelapangan, ditemukan berbagai peluang dan tantangan pengembangan pariwisata ini. Peluangnya adalah peningkatan sumber ekonomi masyarakat sedangkan tantangannya adalah penyatuan akan konsep pariwisata itu sendiri baik diantara masyarakat maupun dengan pemerintah daerahnya.


Full Text:

Download PDF

References


Achyar, Mahfud. (2015, Juli 1). Indonesia Sebagai Tujuan Halal Tourism. Dipetik Agustus 15, 2017, dari https://achyar89.wordpress.com:https://achyar89.wordpress.com/2015/07/01/indonesiasebagai- tujuan-halal-tourism/ Amrin, Abdullah. (2018). Peluang dan Tantangan Wisata Halal di Indonesia. Dipetik Agustus 2, 2018 dari Minangkabau.news Andriani, Dini. (2015). Laporan Akhir Kajian Pengembangan Wisata Syariah. AsistenDeputiPenelitian dan Pengembangan Kebijakan Kepariwisataan Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan KementerianPariwisata. Jakarta. An-Nabhani, Taqyuddin. ( 1996). Membangun Sistem Ekonomi Alternatif Perspektif Islam, Penerjemah Maghfur Wahid. Surabaya: Risalah Gusti. Djakfar, Muhammad. 2014. Agama, Etika, dan Ekonomi: Menyikap Akar Pemikiran Ekonomi Islam Kontemporer – Menangkap Esensi, Menawarkan Solusi Edisi Revisi. Malang: UIN-Maliki Press. Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 10s/DSN-MUI/IX/2016 tentang: Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah, Jakarta: DSN/MUI Hamzah, Maulana. M., & Yudiana, Yudi. (2015, Februari 9). Analisis Komparatif Potensi Industri Halal dalam Wisata Syariah dengan Konvensional. Dipetik Agustus 15, 2017, dari http://catatanek18.blogspot.co.id: http://catatan- ek18.blogspot.co.id/2015/02/analisis-komparatif-potensiindustri.html Hutabarat, Arifin. (2015, April Vol.6 No.64). Majalah Pariwisata Edisi 64: Giliran Daerah & Industri Beyond Bali:Selling & Selling. Diambil kembali dari https://books.google.co.id: https://books.google.co.id/books?id=L0t6CAAAQBAJ&pg=PA10&lpg=PA10&dq=great+pari wisata+indonesia&source=bl&ots=Hc_oKHJYEQ&sig=rn2MelcB5ieJtHiAkqbBTG6U&hl=en&sa=X&ved=0CGkQ6AEwDGoVChMI4G47oymxwIVA3KOCh08xwDE#v=onepage&q=great%20pariwisata%20indonesia&f= Indonesia Travel. (2013, Oktober 30). Pariwisata Syariah Indonesia. Dipetik Agustus 14, 2017, dari www.indonesiatravel.id: http://www.indonesia.travel/id/event/detail/760/pariwisata- syariahindonesia Janwari, Yadi. 2012. Tantangan dan Inisiasi dalam Implementasi Ekonomi Syariah di Indonesia. Jurnal Ahkam: Vol. XII, No. 2. Kemenpar. (2012, Desember 20). Kemenparekraf Promosikan Indonesia Sebagai Destinasi Pariwisata Syariah Dunia. Dipetik Agustus 2015, 4, dari http://www.kemenpar.go.id: http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=16&id=2042 Kempar. (2015). Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara Menurut PintuMasuk dan Kebangsaan. Jakarta: Kementerian Pariwisata. Kilinç, Akyol. &. (2014 ). “Internet and Halal Tourism Marketing”. International Periodical For The Languages, Literature and History of Turkish or Turkic Volume 9/8 Ankara-Turkey , 171-186. Anis Mashdurohatun, Tantangan Ekonomi Syariah dalam Menghadapi Masa Depan Indonesia di Era Globalisasi, Jurnal Dinamika Hukum, Vol. 11 Edisi Khusus Februari 2011, Mashdurohatun, Anis. 2011. Tantangan Ekonomi Syariah dalam Menghadapi Masa Depan Indonesia di Era Globalisasi, Jurnal Dinamika Hukum, Vol. 11. MasterCard, & Crescenrating. (2015, Maret). Global Muslim Tourism Index 2015. Dipetik Agustus 4, 2015, dari www.crescenrating.com: http://www.crescenrating.com/mastercard-crescenratingglobal- mulsim-travel-index.html Nasikhin, Muhammad. (2017). Pengembangan Ekonomi Berbasis Syariah di Era Globalisasi: Peluang, Tantangan Dan Kendala. (STAI) At-Taqwa Bondowoso Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia No. 2 Tahun 2014 tentang pedoman penyelenggaraan usaha hotel syariah Rasyid, Abdul. (2017). Peluang dan Tantangan Wisata Halal di Indonesia. BINUS University: Faculty of Humanities Reuters, T., & DinarStandard. (2014). State of the Global Islamic Economy 2014-2015 Report. Dubai: Dubai the Capital of Islamic Economy. Riduwan. (2004). Dasar-dasar Statistika, Edisi Ketiga. Bandung: Alfabeta. Setiadin, Juniadi. (2017). Mengembangkan Ekonomi Islam Melalui Pariwisata Syari`ah. Dipetik Agustus 7, 2018, dari Kompasiana.com Sofyan, Riyanto. (2012). Prospek Bisnis Pariwisata Syariah. Jakarta: Republika. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD. Bandung: Alfabeta. Taringan, Josua. (2013). Business and Personal Development. CV. Andi Offset Tulus Wijanarko. (2018) Pengalaman Baru di Desa Wisata Kubu Gadang Padang Panjang. Dipetik Mei 10,2018 dari Tempo.co Undang-undang No. 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Worldaffairsjournal. (2015, April 2). The Future of World Religions: Population Growth Projections, 2010-2050. Dipetik Agustus 4, 2015, dari http://www.worldaffairsjournal.org/: http://www.worldaffairsjournal.org/content/future-world-religions- population-growthprojections-2010-2050 Wuryasti, Fetri. (2013, Oktober 30). Wisata Halal, Konsep Baru Kegiatan Wisata di Indonesia. Dipetik Agustus 5, 2015, dari http://travel.detik.com: http://travel.detik.com/read/2013/10/30/152010/2399509/1382/ wisata-halal-konsep-barukegiatan-wisata-di-indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ifelda Nengsih, Irma Suryani