PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV)

Asrena Wati, Kurnia Rahmi Yuberta, Nola Nari

Abstract


Penelitian ini bertolak dari permasalahan yaitu, kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar, media pembelajaran kurang bervariasi, dan sumber belajar yang kurang dalam proses pembelajaran. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut dengan adanya suatu inovasi dalam pembelajaran matematika, seperti penggunaan modul matematika berbasis  Problem Based Learning (PBL), dengan diberikannya modul kepada siswa akan membuat pembelajaran yang dilakukan siswa lebih menyenangkan, tidak membosankan, siswa memahami pesan yang disampaikan dan akan berusaha belajar dengan menggunakan modul baik ada guru ataupun tidak ada guru. Tujuan penelitian untuk mengembangkan modul matematika berbasis  Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika yang  valid. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), dan tahap develop (pengembangan). Instrumen penelitian pengembangan ini menggunakan lembar validasi Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dirancang sudah valid dengan hasil validitas yang diperoleh adalah 78,27% dengan kriteri valid.


Full Text:

Download PDF

References


De Graaff, E and Kolmos, A .2003. Characteristics of Problem-Based Learning. International Journal Enginering Education, 9(5), 657-662. http:www. ijee. ie.

Depdiknas, 2004. Pedoman Khusus Penyusunan Modul Sekolah Menengah Atas. Jakarta.

Intan Sari, “Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran”. Jurnal. Volume 3 No.2. Juli 2015.

Jonassen, D, H. 2008. All Problem are Not Equal: Implications for Problem Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(2), 6-28. http:docs. lib. purdue. edu.

M. Sahroni, “Analisis Soal Geometri Pada Buku Siswa Kurikulum 2013 Berdasarkan Tingkat Berfikir Van Hiele”, diakses direpository.unej.ac.id

Riduwan, 2007. Belajar Mudah Penelitian. Jakarta: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta:KencanaPrenada Media Group

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Cet. 17; Bandung; Alfabeta, 2012 Syarifudin dkk, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:Diadit Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Asrena Wati, Kurnia Rahmi Yuberta, Nola Nari