PENGARUH PENGGUNAAN ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM PADA PROGRAM STUDI BIOLOGI FTIK IAIN KERINCI

Dewi Juita, Yusmaridi M Yusmaridi M

Abstract


Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan  asesmen portofolio pada mata kuliah pengembangan kurikulum terhadap minat belajar mahasiswa pada mata kuliah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimental dengan desain one shot case study design. Populasi pada penelitian ini adalah semua mahasiswa semester 6 pada program studi Pendidikan Biologi FTIK IAIN Kerinci yang berjumlah 5 lokal. Sampel yang digunakan adalah  mahasiswa semester 6 lokal D dengan jumlah 25 mahasiswa. Penggunaan asesmen portofolio diberikan sebagai perlakuan selama 1 semester pada mata kuliah pengembangan kurikulum yang berbobot 2 sks. Pengukuran minat belajar mahasiswa dilihat dari beberapa indikator diantaranya ketertarikan, kesenangan, ketaatan, dan inisiatif. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa rerata minat belajar mahasiwa yang diperoleh termasuk dalam kategori tinggi 49,9 dalam interval 45 - 54. Penggunaan asessmen portofolio pada mata kuliah pengembangan kurikulum berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa. Mahasiswa memiliki ketertarikan, kesenangan, ketaatan, dan inisiatif yang tinggi terhadap materi yang sedang dibahas dari pertemuan kedua hingga pertemuaan empat belas.


Full Text:

Download PDF

References


Cherian, M. & Mau, R.Y. (2003). Teaching Large Classes – Usable Practice from Around the World. Singapore: McGrawHill.

Collete, Alfred T dan Chiappetta, Eugene L.. (1994). Science Education in the Middle and Secondary School (Sixth Edition). New York: Merril, an imprint of Macmillan Pub.Co..

Depdiknas. (2006). Buku KTSP SMP. Jakarta: Depdiknas.

Duffy, J., Jones, J., & Thomas, S. W. (1999). Using Portfolio to Foster Independent Thinking. Intervention ini School and Clinic 35 (1); 34-37. Tersedia: http://www.sagepub.com. [04 Juli 2018].

Freidman B. M., Davis, M. H., Howie, P. W., Kerr, J. & Pippard, M. (2001). Portfolio as a method of student assessment. AMEE Medical Education Guide, Medical Center 23(6).

Mubarok, Alvi Ginanjar. (2016). Korelasi antara Minat Belajar Fisika dan Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMPN 1 Depok Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi Pendidikan Fisika: UNY

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dam R&D. Bandung: Alfabeta

Sukardi. 1987. Bimbingan dan Penyuluhan. Surabaya: Usaha nasional

Suparno, Paul. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Fisika. Yogyakarta: US


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dewi Juita, Yusmaridi M Yusmaridi M