LITERASI DAN INOVASI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN
Abstract
Pemimpin adalah orang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain guna mencapai sutu tujuan. Agar menjadi pemimpin yang sukses dalam mengemban peran, tugas, fungsi dan tanggung jawab maka seseorang haruslah memiliki kompetensi kepemimpinan. Guna meningkatkan kompetensi kepemimpinan maka diperlukan literasi dan inovasi. Keterampilan literasi yang baik akan membantu pemimpin dalam memahami informasi baik lisan maupun tertulis serta menggunakannya secara efektif untuk pengambilan keputusan atau pemecahan masalah-masalah yang dihadapi organisasi. Penguatan kepemimpinan melalui literasi akan mampu melahirkan inovasi baru dari seorang pemimpin. Tidak hanya sebatas ide, literasi juga juga membuat inovasi itu memiliki nilai dan fungsi yang akan membawa kemajuan bagi organisasi ia memimpin.
Full Text:
Download PDFReferences
Aris Nurohman. (2014) Signifikansi Literasi Informasi (Information Literacy) dalam Dunia Pendidikan di Era Global. Jurnal Kependidikan, Vol. II No. 1
Badan Standardisasi Nasional. (2009). Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: BSN-SNI
Duncan,W.J.(1980).Organizational Behavior. Houghton Mifflin Coy, Boston.
Linda Aryani, dkk (2013) Kompetensi Tidak Sempurna Tanpa Integritas Pada Pemimpin Jurnal Psikologi , Volume 9 Nomor 1
Muh. Hizbul Muflihin.(2008) Kepemimpinan Pendidikan:Tinjauan terhadap Teori Sifat dan Tingkah-laku INSANIA, Volume 13 Nomor 1
Mulyasa,E. (2006). Menjadi Kepala sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda karya
Stephen Robbins. (2001). Organizational Behaviour 9 thedition. Englewood Cliff, New Jersey: Prentice-Hall inc.
Warren A. Schmidt, (1973). Haw to Choose a Leadership. London: Pattern
Winardi. 2000. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Demina Demina, Rahmi Fitria