MODALITAS POLITIK EKA-RICHI DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN TANAH DATAR TAHUN 2020

Al Azhar, Akhyar Hanif, Mhd Alfahjri Sukri

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah Modalitas Politik Eka Richi Dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Tanah Datar Tahun 2020. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui Modalitas apa saja yang dimiliki oleh Eka-Richi dalam Memenangkan Pilkada Tanah Datar Tahun 2020 dan mengetahui Bagaimana Cara Eka-Richi menggunakan modalitas tersebut untuk  memenangkan Pilkada Tanah Datar Tahun 2020. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif merupakan penelitian yang mengungkapkan fenomena yang terjadi di lapangan yaitu Tentang Modalitas Politik Eka Richi Dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Tanah Datar Tahun 2020. Hasil penelitian ditemukan bahwa: Temuan pertama, Aktivitas/Pengalaman merupakan  dukungan masyarakat terhadap pencalonan pasangan calon Eka Putra dan Richi Apriadi melalui jalur pilkada kabupaten Tanah Datar 2020 tidak lepas dari modal politik yang berasal dari peran aktivitas organisasi pasangan calon tersebut sebelum maju dalam pencalonan.Temuan Kedua, Dukungan Elit Politik Lokal merupakan sejumlah kekuatan calon dari para elit politik lokal dari organisasi politik, organisasi sosial kemasyarakatan dan bahkan partai politik yang dapat mewakili kepentingannya.Temuan Ketiga, Tim Sukses Bakal Calon merupakan tim yang membantu pasangan calon dalam setiap tahapan pemilihan salah satunya dengan mencarikan suara/dukungan pemilih untuk pasangan calon. Eka-Richi mempunyai relasi atau orang dalam baik dari luar partai ataupun hanya sebatas simpatisan pengusung seperti bekerja sama dengan semua lini masyarakat baik dari anak muda dan tokoh masyaraka yang mana  mampu membuat suatu produk yang tidak bisa di tiru oleh pasangan calon lain, yaitu bajak gratis, satu event satu nagari. Kedua, problematika yang ditemui adalah black campaign atau kampanye hitam yang menyerang setiap segmen yang dimiliki Eka-Richi. Penyelesaian yang begitu rapih dibangun Eka-Richi dalam mencegah hal buruk dari black campaign oleh berbagai pihak.


Full Text:

PDF

References


Admin. 2020. “Pilkada Tanah Datar, Sementara Paslon Beriman Raih Polling Tertinggi.” Sabanakaba.com.

Ibdih. 2003. Implementasi Demokrasi Di Era Reformasi Di Indonesia Menurut Perspektif Siyasah Dusturiyah. Lampung: Fakultas Syari’ah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nopyandri. 2013. Pemilihan Kepala Daerah Yang Demokratis dalam perspektif UUD 1945 dalam Inovatif: Jurnal Ilmu Hukum.

Nasution. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, s. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelaja.

Poerwandari, E. .. 2005. Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia. Ketiga. Bandung: Alfabeta.

Rozali Abdullah, 2015 , Pelaksanaan Otonomi Luas dengan Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung, Jakarta: Rajawali Pers.

Siagian. 1985. Strategi Politik di Indonesia: Ghalia Indonesia,Jakarta.

Stella maria, 2012. Modalitas dalam kontestasi politik.universitas diponegoro:semarang.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian pendidikan. Bandung : CV alfabeta.

Susilo, 2005, Menyongsong Pilkada yang Demokratis, artikel,: Jurnal Legislasi Indonesia.

Syahra, R. 2003. Modal sosial: Konsep dan aplikasi. Jurnal Masyarakat Dan Budaya,5(1),1–22. http://www.jurnalmasyarakatdanbudaya.com/index.php/jmb/article/view/25


Refbacks

  • There are currently no refbacks.