Marketing Politik Dalam Pilkada Serentak Tahun 2020 (Studi Pemenangan Eka-Richi Bupati dan Wakil Bupati Terpilih 2020 – 2024 Kabuaten Tanah Datar)

Widi Santoso, Akhyar Hanif, Ulya Fitri

Abstract


Jurnal ini membahas tentang “Marketing Politik Dalam Pilkada Serentak Tahun 2020 (Studi Pemenangan Eka-Richi Bupati dan Wakil Bupati Terpilih 2020 – 2024 Kabuaten Tanah Datar)”. Penulisan Jurnal ini memiliki fokus pembahasan tentang marketing politik yang digunakan Eka-Richi dalam Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Tanah Datar. Tujuan dalam penulisan Jurnal ini ialah untuk menjelaskan dan menganalisis strategi dan problematika marketing politik yang digunakan Eka-Richi dalam pemenangan Pilkada Serentak tahun 2020 di Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian yang peneliti gunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori marketing politik push marketing, pass marketing, dan pull marketing. Berdasarkan penelitian melalui observasi dan pedoman wawancara yang peneliti gunakan dalam memperoleh data, peneliti memperoleh hasil penelitian bahwa dalam proses pemenangan pilkada kandidat Eka-Richi dapat diperoleh salah satunya dengan strategi marketing politik yang dijalankan oleh kandidat bersama tim sukses yang menghimpun menjadi Tim Relawan Sahabat Ek-Richi dengan branding politik ¬“Era-Baru Tanah Datar Lebih Maju” yang berhasil dalam pemenangan pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Tanah Datar


Full Text:

PDF

References


Amalia, A. N. (2021). Political Marketing dalam Pilkada : (Studi Kasus terhadap Kemenangan Pasangan Chaidir Syam dan Suhartina Bohari pada Pilkada Maros 2020). Universitas Hasanuddin.

Budiargo Subekti, K. (2015). Marketing Politik dalam Pilkada Serentak 2015 di Kabupaten Kendal (Studi Pemenangan Pasangan dr. Mirna Anisa M.Si dan Masrur Masykur). In Politika: Jurnal Ilmu Politik. Universitas Negeri Semarang.

Dzhudza, S. S. (2017). Political Branding Basuki Tjahaja Purnama Dalam Berita Penistaan Agama Di Metro Tv. Jurnal Ilmiah, 3(1), 1–13.

Hidayat, A. N. (2020). Pemasaran Politik (Political Marketing) Tomy Satria Yulianto (TSY) dalam Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Bulukumba Periode 2020-2025 (Vol. 2507, Issue February). Universitas Muhammadiyah Makassar.

Indrayadi. (2022). Wawancara; strategi dan Problematika Marketing Politik Eka-Richi.

Irzal, M. A. (2018). Strategi Marketing Politik ( Studi Atas Kemenangan Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno pada Pilkada DKI Jakarta Tahun 2017 ). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Moleong. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, s. (2005). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Pustaka Pelaja.

Rahayu, I. T. (2004). Observasi dan Wawancara. bayumedi.

Syafrizal, Y. (2022). Wawancara; Strategi dan problematika marketing politik eka-richi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.