Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam

Ilyas Ramadhan, Tyorinis Tyorinis

Abstract


Dalam konsep manajemen syariah (Islam) adalah perilaku yang terkait dengan nilai-nilai keimanan dan ketauhidan, setiap perilaku orang yang terlibat dalam sebuah kegiatan dilandasi dengan nilai tauhid, maka diharapkan perilakunya akan terkendali dan tidak terjadi perilaku KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme) karena menyadari adanya pengawasan dari yang Maha Tinggi, yaitu Allah SWT yang akan mencatat setiap amal perbuatan yang baik maupun yang buruk. Proses pengembangan kurikulum merupakan Langkah-langkah untuk menghasilkan kurikulum atau menyempurnakan kurikulum yang telah ada. Dalam pengembangan kurikulum terdapat factor pendukung dana penghambat dalam proses pengembangan kurikulum.

Kata Kunci : Pengembangan, Manajemen Pendidikan, Kurikulum.


Full Text:

PDF

References


Bahrun, H. 2017 Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Pendekatan dan Langkahlangkah Pengembangan Kurikulum PAI. Yogyakarta: CV Cantrik Pustaka.

Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Ulaelawati, Ella. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Pakar Raya: Bandung.

Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Asep hernawan herry, & andriyani, d. (2014). Hakikat kurikulum dan pembelajaran. Modul pembelajaran.

Duriani. (2018). Implementasi perencanaan kurikulum. Nanaeke indonesian journal of early chilhood education.

Huda, n. (2017). Manajemen pengembangan kurikulum. Al-tanzim : jurnal manajemen pendidikan islam. Https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113

Mahrus, m. (2021). Manajemen kurikulum dan pembelajaran dalam sistem pendidikan nasional. Jieman: journal of islamic educational management. Https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.59

Nasution, a. F., & albina, m. (2022). Manajemen kurikulum pendidikan agama islam di madrasah aliyah negeri labuhanbatu. Edukasi islami: jurnal pendidikan islam. Https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3063

Selamet, supiana, & yuliati zaqiah, q. (2022). Kebijakan pengembangan kurikulum pendidikan islam. Al-munadzomah. Https://doi.org/10.51192/almunadzomah.v1i2.320

Sukatin, danny, m. A. F., huda, r. M., & fajria, z. I. (2023). Manajemen kurikulum dan evaluasi. Educational leadership: jurnal manajemen pendidikan. Https://doi.org/10.24252/edu.v2i2.35257

Tania natasha, & widya prasetyaningtyas. (2022). Pelaksanaan kurikulum adaptif dalam program evaluasi untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Jurnal pendidikan nasional. Https://doi.org/10.55249/jpn.v2i1.34

Tujantri, h., & wulandari, t. (2022). Evaluasi keberhasilan kurikulum perguruan tinggi mengacu kkni menggunakan sistem pakar. Jurnal tunas pendidikan. Https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.712

W, s. (2022). Pengembangan kurikulum: (sebagai peran guru profesional). Edukatif : jurnal ilmu pendidikan. Https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2645

Wassalwa, s. M. M., & syarafah, h. F. (2022). Manajemen kurikulum pesantren. At-tahsin : jurnal manajemen pendidikan. Https://doi.org/10.59106/attahsin.v1i1.8

Widiati, u. (2015). Kurikulum dan silabus. Journals of universitas terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/manapi.v2i2.9531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ilyas fajar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats