Strategi Kepala Sekolah dalam Memanfaatkan Media Sosial untuk Merekrut Peserta Didik Baru di SMPN 03 Pariangan

Mohamad Fahrul, Husnani Husnani, Himyar Pasrizal, Jamilus Jamilus

Abstract


Penelitian. .ini. .bertujuan. untuk menjelaskan media sosial apa saja yang digunakan kepala sekolah dalam perekrutan peserta didik baru di SMPN 03 Pariangan. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan. field research yang dikenal dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti ialah melalui wawancara, dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan secara deskriptif kualitatif, kemudian diuraikan berdasarkan permasalahan yang terjadi di lapangan dengan menggunakan kalimat yang efektif yang berpedoman kepada Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Sumber data dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah SMPN 03 Pariangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk melihat keabsahan datanya, peneliti menggunakan triangulasi teknis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwasanya strategi yang digunakan kepala sekolah dalam memanfaatkan media sosial untuk merekrut peserta didik baru di SMPN 03 Pariangan yaitunya menggunakan aplikasi Facebook, Instagram, Whatsapss Group dan Youtube. Penggunaan media sosial tersebut tentu sangat membantu sekolah dalam merekrut peserta didik baru sehingga bagi calon siswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke SMP, bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai profil beserta keunggulan sekolah yang dimiliki oleh SMPN 03 Pariangan.


Full Text:

PDF

References


Andang, 2015. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Malang.

Annas, A. N. (2017). “Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spiritual Pendidikan Islam” dalam Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. No. 2, hlm 134.

Asmendri, 2014. Manajemen Peserta Didik. Batusangkar: STAIN Batusangkar Press

Atikawati, E. dan Udjang, R. (2016). “Strategi Rekrutmen dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan” dalam JPSB, Vol 4, No 1, hlm. 10.

Badrudin, 2015. Manajemen Peserta Didik. Bandung : Alfabeta.

Febriani, M. (2014). “Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image pada Media Sosial Twitter” dalam Jurnal JOM Fisip, Vol 1, No 2, hlm. 3.

IAIN Batusangkar. 2019. Pedoman Penulisan Skripsi Edisi Revisi 2019. Batusangkar: IAIN Batusangkar Press.

Ilyas, M. dan Faris, M. (2007). “Efektifitas Penyebaran Informasi Rekrutment Peserta Didik Pelatihan Berbasis Kompetensi pada Balai Latihan Kerja KAB. Majne” dalam Jurnal Komunikasi KAREBA, Vol.6, No.1, hlm. 163.

Lestari Lena. 2018. Strategi Madrasah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di Mtsn Sungai Jambu Kabupaten Tanah Datar. Skripsi. Batusangkar : Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Diakses pada 07 April 2022 pukul 19.00 WIB.

Mulyasana, Dedi. 2012. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musbikin, I. 2014. Menjadi Kepala sekolah Yang Hebat. Yogyakarta.

Permana, W. A. (2020). “Manajemen Rekrutment Peserta Didik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan” dalam Jurnal Islamic Education Manajemen, Vol. 5, No. 1, hlm. 86.

Pratama, A. (2020). “Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smarthphone Samsung pada Mahasiswa” dalam Jurnal Ilmiah Simantek, Vol. 4 No. 1, hlm. 33.

Prihatin, E. 2014. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Purnomo, T.S. “Recrutmen Online Sebagai Suatu Inovasi dalam Perekrutan Perusahaan” dalam Jurnal Jibeka, Vol. 7, No.3, hlm. 54—55.

Risdianti, D. (2017). “Manajemen Rekrutment Peserta Didik” dalam Jurnal Islamic Education Manajemen, Vol.2 No.2, hlm. 60.

Rukmana. 2016. “Strategi Membangun Brand Image Dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pebdidikan”. Tesis. Malang: UIN Malang.

Sari, Adkha Rika. 2018. “Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Citra Sekolah Di TK HJ Isriati Baiturahman 1 Semarang”. Skripsi. Semarang: UIN Walisongo.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarsi, D. (2018). “Pengaruh Rekrutment, Seleksi dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan” dalam Jurnal Ilmiah Kreativ, Vol. 6, No. 1, hlm. 16.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/manapi.v2i1.9363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats