Pegaruh Pelayanan Adminstrasi Online Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegurunan IAIN Batusangkar Terhadap Kepuasan Mahasiswa

Husnani Husnani, Fauza Febrianti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh pelayanan administrasi online terhadap mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yakninya kuantitatif  deskriptif, yang melibatkan mahasiswa sebagai sampel sebanyak 87 orang dari Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan IAIN Batusangkar. Peneliti membuat angket/kuisioner berdasarkan kajian teori, yang akan digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Untuk analisis data peneliti memakai uji validitas, reliabilitas, analisis descripsi, dan regsesi linier sederhana. Hasil yang didapatkan adalah tidak adanya hubungan yang signifikan antara pelayanan administrasi online dengan kepuasan mahasiswa. Hasil temuan ini memberikan arti bahwa untuk mencapai kepuasan mahasiswa dalam pelayanan administrasi online harus memperhatikan aspek bukti fisik (Tangibles), keandalan (Reliability), daya tanggap (Responsibility), Pengetahuan, kemampuan, kesopanan dan sifat percaya (Assurance), dan komunikasi (Empathy).


Full Text:

PDF

References


Arikunto.2012.Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.Yogyakarta: Aditya Media.

Moh,Rifai.2020.Supervisi Pendidikan. Bandung: Jemmars.

Mukhtar dan Iskandar.2019.Supervisi Pendidikan.Jakarta: Gaung Persada Press.

Ngalim Purwanto.2019.Prinsip-Prinsip Supervisi Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana.2020.Supervisi Pendidikan alam Rangka Perbaikan Situasi Belajar. Jakarta:Bumi Aksara.

Sehartian.2000.Supervisi pengawasan Pendidik.Jakarta : Media Press.

TahaleleanIndrafachrudi.1975.Prinsip- Prinsip Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf. 2016. Supervisi Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu. Journal Pendidikan,37,144–149.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/manapi.v1i1.6053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Husnani Husnani, Fauza Febrianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats