Peran Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Supervisi Klinis di Sekolah Dasar Negeri 18 Guguk Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung

Nofri Hardiansyah

Abstract


Secara umum peran kepala sekolah dalam sebuah sekolah sebagai pemimpin pendidikan adalah menciptakan situasi belajar mengajar yang kondusif dan mendukung, serta malakukan dan melaksanakan prinsip kerja manajemen diantaranya perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan dengan prisip kerja manajemen di harapkan segala kebutuhan baik berupa supervise manajerial, supervise klinisa dan supervise akademik dapat berjalan dengan baik dan lancer,sehingga guru-guru dapat mengajar dan memberikan ilmu pengetahuan transfer knowledge dengan maksmimal dan murid-murid dapat belajar dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal

Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734

Lazwardi, D. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru.

Universitas Nahdlatul Ulama Lampung.

Maela Zulfah, M. M. A. S. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi

Guru. KONSTELASI ILMIAH MAHASISWA UNISSULA (KIMU) 5, 39.

Nurcholiq, M. (2018). SUPERVISI KLINIS. Journal EVALUASI, 1(1).

https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i1.62

Pamuji, G. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Supervisi Internal bagi Peningkatan

Profesionalitas Guru. Jurnal Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24090/jk.v8i1.3969

Permendiknas. (n.d.).No 12 Tahun 2007 Tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/manapi.v1i1.5994

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nofri Hardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats