Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Prinsip Supervisi Pendidikan

Popi Yunisa Putri, Jamilus Jamilus

Abstract


Supervisi pendidikan pada umumnya mengacu pada usaha perbaikan situasi pada proses belajar mengajar disuatu sekolah. Karena aspek utama dalam supervisi ini adalah guru, maka layanan dan aktivitas kesupervisian harus lebih diarahkan kepada upaya meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan mengajar di sekolah. Supervisi merupakan usaha kepala sekolah dalam memimpin tenaga kependidikan untuk memperbaiki pengajaran termasuk menstimulasikan, menyeleksi dan perkembangan guru, menyeleksi dan merevisi tujuan-tujuan pendidikan disekolah, bahan pengajaran, dan metode-metode mengajar serta evaluasi cara belajar menjagarnya. Dalam supervisi pendidikan guru salah satu subyek yang mampu menciptakan perbaikan terhadap pendidikan yang ada disuatu lembaga pendidikan. 


Full Text:

PDF

References


Arikunto.2012.Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.Yogyakarta: Aditya Media.

Moh,Rifai.2020.Supervisi Pendidikan.Bandung: Jemmars.

Mukhtar dan Iskandar.2019.Supervisi Pendidikan.Jakarta: Gaung Persada Press.

Ngalim Purwanto.2019.Prinsip-Prinsip Supervisi Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana.2020.Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Perbaikan Situasi Belajar.Jakarta: Bumi Aksara.

Sehartian.2000.Supervisi pengawasan Pendidik.Jakarta : Media Press.

Tahalele danIndrafachrudi.1975.Prinsip- Prinsip Supervisi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf. 2016. Supervisi Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu. Journal Pendidikan,37,144–149.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/manapi.v1i1.5957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Popi Yunisa Putri, Jamilus Jamilus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats