Pengaruh Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) yang Diintervening Promosi Pemasaran Terhadap Penjualan Di Umkm Rocket Cafe

Nurul Hidayah, Rahmat Tk Sulaiman

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh segmentasi, targeting, positioning yang diintervening oleh Promosi Pemasaran terhadap penjualan di Rocket Cafe. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel segmentasi (X1) terhadap variabel promosi (Z), tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel targeting (X2) terhadap variabel promosi (Z), terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel positioning (X3) terhadap variabel promosi (Z), tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel segmentasi (X1) terhadap variabel panjualan (Y), tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel targeting (X2) terhadap variabel panjualan (Y), terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel positioning (X3) terhadap variabel panjualan (Y), terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel promosi (Z) terhadap variabel penjualan (Y ), tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari pengaruh tidak langsung variabel segmentasi (X1) ke variabel penjualan (Y) melalui variabel promosi (Z), tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari Pengaruh tidak langsung variabel targeting (X2) ke variabel penjualan (Y) melalui variabel promosi (Z), tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari Pengaruh tidak langsung variabel positioning (X3) ke variabel penjualan (Y) melalui variabel promosi (Z).Kata Kunci: Segmentasi; Targeting; Positioning; Promosi, Penjualan 

Full Text:

PDF

References


Amanah Dita. 2010. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M Yamin Medan. Vol. 2 No.1.

Amanah Siti. Peranan Strategi Promosi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan.

Andre Fachrun dan Megawati Simajuntak. 2018. Perilaku Pembelian Hedonis Generasi Z : Promosi Pemasaran, Kelompok Acuan, dan Konsep Diri. Vol. 11 No. 3.

Basu Swastha dan Irawan, 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Cet. Ke-13, (Yogyakarta: Liberty Yogyakarta).

Darma. B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilias, Regresi Linier Sederhanna, Regresi Linear Berganda, Uji T, Uji F, R2). Bogor: Guepedia.

Dinda, Sekar dan Reni, Nuraeni. 2019. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Vol. 3 No. 1.

Fitri Rasyidin. 2017. Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Rumah Griya Mulya Asri Di Kota Makassar. Vol.3 No. 004.

Fitri Rasyidin. 2022. Pengaruh Segmentasi, Targeting dan Positioning Terhadap Volume Penjualan Mobil Mitsubishi pada PT Bosowa Berlian Motor Makassar. Vol. 7, No. 1.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivarate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamzah, 2018. Analisis Segmenting, Tageting, Positioning Terhadap Volume Penjualan Pada Cafe Rame-Rame Jember.

Hendrawan Henky. 2021. Analisa SWOT dan STP (Segmentasi, Target, Posisi) Terhadap Strategi Pemasaran Digital Pada Usaha Mikro Bunda Culinary. Vol.7 No. 2

Lusinta, dkk. 2019. Analisis Segmenting, Targeting dan Positioning untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Global Pada UKM Kacang Mede “Bawang Mas” Surabaya. Vol. 4 No. 2.

Manggu Blasius dan Beni Sabinus. 2021. Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan UMKM Kota Bengkayang. Vol. 25 No. 1

Meme, R., & Byre, R. O. (2020). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian yang di Mediasi oleh Minat Beli Konsumen Roxi Swalayan Ende 20(2). Analisis.

Muhammad Irfan Nasution. 2017. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan. Vol.1 No. 1.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Nova Kartikasari. 2021. E-jurnal Riset Manajemen. Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning Terhadap Tingkat Penjualan Studi Pada Penjualan Tanah Kavling Di Jabung, Kabupaten Malang.

Pomantow, Mananeke, Jorie. 2019. Analisis Segmentasi,Targeting, dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Produk Maxx Coffee Di Hotel Aryaduta Manado. Vol. 7 No 4.

Rosnaini. 2018. Analisis Strategi Segmentasi, Targeting, Positioning Pada PT. Kumala Celebes Motor (Mazda Makassar).Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Safitri Ravindra, 2017. Analisis Pengaruh Strategi Segmentasi, Targeting, dan Positioning Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli Nu Green Tea. Vol. 6 No. 1.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tumini, dkk. 2021. Pengaruh Strategi STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Sepeda Motor Matic di Kota Probolinggo Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi dan Bisnis. Vol. 9 No. 2.

Wijaya Hari, dan Sirine Hani. 2016. Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok Di Cilacap. Vol. 01 No. 03.

Yusuf, Saleh dan Said Miah. 2019. Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV Sah Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/mabis.v3i1.9089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurul Hidayah, Rahmat Tk Sulaiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
with registered number e-ISSN: 2798-1002 have been indexed on:

 

Jurnal Manajemen Bisnis Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 
Jurnal Mabis