Strategi Pemasaran pada D’zee Cafe Resto Piliang dengan Metode Analisis SWOT

Alfi Yandra, Chitra Indah Sari

Abstract


Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan analisis SWOT dalam strategi pemasaran pada D’Zee Cafe Resto Piliang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis SWOT dalam strategi pemasaran pada D’Zee Cafe Resto Piliang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah field research atau penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara dengan pihak D’Zee Cafe Piliang. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, kemudian diuraikan serta melakukan klasifikasi terhadap aspek permasalahan melalui kalimat efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan analisis SWOT yang telah dilakukan dilapanagn pada D’Zee Cafe Resto Piliang, bahwasanya penerapan strategi pemasaran pada Cafe tersebut menggunakan Agresif Strategy. Hal ini dikarenakan, pada diagram analisis SWOT ditunjukkan bahwa nilai skor tertinggi berada pada kuadran pertama dimana kuadran tersebut merupakan situasi yang sangat menguntungkan bagi D’ Zee Café Resto Piliang. Dan D’Zee Café Resto Piliang harus meningkatkan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada sekaligus meminimalkan kelemahan serta mengatasi atau mengadapi ancaman yang muncul.Kata Kunci: Strategi Pemasaran; SWOT; D’Zee Cafe Resto 

Full Text:

PDF PDF

References


Assauri, S. 2013. Strategic Management, Sustainable Copetitive Avantages. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Afdi, Z., & Purwanggono, B. (2017). Perancangan Strategi berbasis Metodologi Lean Startup untuk Mendorong Pertumbuhan Perusahaan Rintisan berbasis Teknologi di Indonesia. Industrial Engineering Online, 6(4), 2.

Afuan, M dan Candana, Doni Mitra. 2020. analisis strategi pemasaran Cafe dapoer enha sago kabupaten pesisir selatan menggunakan matriks swot dan qspm. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosal. Vol. 1, No. 1.

Hany Setyorini, dkk. 2016. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. Vol. 5 No. 1.

IkaYuniaFauzia. 2013. Etika Bisnis Dalam Islam, EdisiPertama, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rochman, I. (2019). Analisis SWOT dalam Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMP Islam Yogyakarta). Al Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 3(1),36.http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view

Ruane, Janet M. 2021. Hanya Bicara: Seri Dasar-Dasar Metode Penelitian. Nusamedia.

Santoso, Slamet. 2013. Statistik Ekonomi Plus Aplikasi SPSS. Ponorogo: Umpo Press.

Tarigan, W. J., Simalungun, U., & Siantar, P. (2021). Jurnal Ilmiah AccUsi. 2(May), 138–147Halim, H. dan. (2016). Analisis Laporan Keuangan. UPP STIM.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/mabis.v3i1.9080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alfi Yandra, Chitra Indah Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
with registered number e-ISSN: 2798-1002 have been indexed on:

 

Jurnal Manajemen Bisnis Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 
Jurnal Mabis