STRATEGI PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK NAGARI (BUMNAG) DI NAGARI JAHO KECAMATAN X KOTO MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT

Febria Rahim, Nurul Hayatun Nufus

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah BUMNag di Nagari Jaho sudah terbentuk danpemerintah pusat memberikan dana awal sebesar Rp.200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) pada tahun 2017 yang disetorkan langsung ke rekening pengurus BUMNag untuk dikelola berdasarkan potensi yang dimiliki nagari.Nagari Jaho sendiri memiliki potensi usaha yang dapat dikembangkan dalam berbagai sektor seperti sektor pertanian, peternakan, jasa, dan produksi, saat ini BUMNag di Nagari Jaho sudah memiliki usaha dalam bidang peternakan yaitu pengemukan sapi pedaging, ternak kerbau dan ternak ikan serta dalam bidang jasa yaitu sewa tenda dan sound system, namun usaha tersebut belum berjalan sesuai target dari BUMNag.Oleh karena itu bagaimana strategi yang dilakukan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) di Nagari Jaho untuk mengembangkan usahanya dalam meningkatkan pengelolaan potensi nagari dan meningkatkan perekonomian nagari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pengembangan usahamenggunakan analisis SWOT dengan strategi SO (Strengths dan Opportunities), strategi WO (Weaknesses dan Opportunities), strategi ST (Strenghts dan Threats) dan strategi WT (Weaknesses dan Threats)pada Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) di Nagari Jaho. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya untuk pengolahan data yang terkumpul penulis melakukan klasifikasi terhadap aspek permasalahan dan kemudian memaparkan melalui kalimat yang efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan untuk mengembangkan usaha pada Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Talago Kumbang Nagari Jaho adalah strategi SO (Strength dan Opportunities) mengelola Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah dengan memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai, pengelolaan dana secara efektif dan efesien dengan memanfaatkan profesi masyarakat yang sebagian besar adalah  petani dan peternak, pengurus BUMNag mengelola usaha sesuai prinsip syariah dilatarbelakangi dengan masyarakat nagari yang 100% muslim dan BUMNag membuat program usaha yang tidak dijalankan pihak lain/minim persaingan dan sesuai dengan potensi desa.


Full Text:

PDF

References


Alkadafi, M. 2016. Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui PengelolaanKelembagaan Badan Usaha Milik Desa Menuju Asean Economic Comunity 2015. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Atmojo, S.T. 2015. Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa. Universitas Jember.

Fahmi, I. 2013. Manajemen Strategis Teori Dan Aplikasi. Bandung:Alfabeta.

Griffin, R.W. 2004. Manajemen Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Hasan, A. 2009. Manajemen Bisnis Syariah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mardani. 2012. Fiqh Ekonomi Syariah: Fiqh Muamalah. Jakarta: KencanaPrenada Media Group.

Mardawani. 2020. Praktik Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Marimin. 2004. Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Bogor: Grasindo.

Nurhayati, S. (2015). Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta:Salemba Empat.

Rachmat. 2014. Manajemen Strategik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Rangkuti,F. 2002. Creating Effective Marketing Plan: Teknik Membuat Marketing Plan Berdasarkan Customer Values dan Analisis Kasus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Reza F., and Santoso, Budi and Devi, Eka. (2020). Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT Pada Mini Market Di Muatiara Mart Rowotengah Jember. Jurnal InternationalJournal Of Sosial Science And Business 4(2):301-307.

Robinson, P. 2000. Manajemen Strategi Formulasi, Imlementasi danPengendalianJilid 1. Jakarta:Binrupa Aksara.

Robbins, S. P. dan Mary. 2011. Manajemen Edisi Ke10. Jakarta: Erlangga

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Sulistiani, D. 2006. Analisis Swot Sebagai Strategi Perusahaan DalamMemenangkan Persaingan Bisnis. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Triyuwono, I. 2006. Prespektif, Metodologi, Dan Teori Akuntansi Syariah.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Widodo,J. 2001. Good Governance (Telaah Dan Dimensi Akuntabilitas DanKontrol BirokrasiPada Era Desentralisasi Dan Otonomi Daerah). Surabaya: Insan Cendekia.

Yunita, K., I. G. Mustika, S. Rusmita, D. Prihartini, dan U. Mustakim. 2019. Knsep Pendirian Dan Pengembangan Bumdes. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, Indonesia.ISBN: 978-602-53460-3-3:172.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/mabis.v1i2.4619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Febria Rahim, Nurul Hayatun Nufus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
with registered number e-ISSN: 2798-1002 have been indexed on:

 

Jurnal Manajemen Bisnis Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 
Jurnal Mabis