STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM SANGKAR BURUNG DI NAGARI BARULAK KECAMATAN TANJUNG BARU

Dini Nurmita Sari, Fadila Rahmadani

Abstract


Masalah pokok dalampenelitian ini adalah penurunan jumlah pengrajin Sangkar Burung di Nagari Barulak dan menurunya para peminat burung di kalangan masyarakat serta banyak para pekerja mencari burung yang berhenti hal ini membuat jumlah pengrajin sangkar burung menurun drastis dari tahun ke tahun, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan UMKM Sangkar Burung di Nagari Barulak dengan pendekatan analisis SWOT. Jenis Penelitian dilakukan dengan penelitian lapangan (Field research), untuk mendapatkan data-data dari permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan secara deskriptif kualitatif, kemudian diuraikan serta melakukan klasifikasi terhadap aspek masalah tertentu dan memaparkan melalui kalimat yang efektif.

Hasil penelitian yang penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa alternatif strategi yang tepat di terapkan dalam mengembangkan usaha kerajinan ini adalah perbaikan Sumber Daya Manusia, penanaman modal dari swasta dengan adanya dukungan dari pihak pemerintahan, menjadikan Nagari Barulak sebagai tempat wisata, mendirikan koperasi khusus pengelolaan tentang sangkar burung yang di kelola oleh pihak pemerintahan.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, N.H. (2013). Manajemen Islam dan Kewirausahaan. Bandung: Pustaka Setia.

Amalia, Alif dkk. (2012). Analisis Strategi Pengembangan Usaha pada UMKM Batik. Jurnal Administrasi bisnis Vol. 1 No.1

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010, Jakarta: Rineka Cipta.

Feni, D. A. dkk. (2017). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitas Pihak Eksternal dan Internal (Studi Pada Kelompok Usaha “Emping Jagung” di Kelurahan Pandanwangi Kec Blimbing), Kota Malang. Volume, 1,No.6,1286-1295.

Fitria,W. (2018). “Sterategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi kasus : Perkampungan Industri Karanganyar Pasawaran)”. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung.

Hidayati, Ulfa. (2018). “Penerapan Analisis SWOT Sebagai Strategi Pengembangan Usaha Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada Desa Jatirenggo Kecamatan Pringsewu)”. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Istiqomah dan Irsad, Andriyanto. (2017). Analisis SWOT dalam Mengembangkan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus). Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam. Vol. 5, No. 2.

Khusniatul, M.N. (2019). “Analisis SWOT terhadap Strategi Pengembangan Usaha pada Kurnia Sari Katering Semarang dan Ditinjau dari Segi Bisnis Islam”. Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo

Ningsih. (2019). “Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. (Studi Kasus PT Pelabuhan Indonesia Persero Medan)”. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Putri, E.H. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Samarinda ( Studi pada Dinas Koperasi dan UMKM Kota Samarinda. Volume,5, 5431-5445.

Setiawan, Agus. (2010). “Analisis Efisiensi Usaha Kerajinan Sangkar Burung di Krajan, Monjosongo, Surakarta”. Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Setiawan, Robi. (2015). “Analisis SWOT Sebagai Landasan Merumuskan Strategi Pemasaran Usaha Jasa Sewa Mobil ‘AMAN-AMIN’ Ttansport Tours and Travel Ambarketawang Sleman Yogyakarta”. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Syaifulla, S. (2019). “Analisis Strategi Pengembangan pada UMKM Tabo Kopi Sipirok”. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padang Sidimpuan.

Sugiono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Ugin. S. (2020). “Analisis SWOT Terhadap Strategi Pengembangan Usaha Mikro Berbasis Ekonomi Kreatif Pada Pengrajin Sepatu Kulit Sumali Novitha Di Kelurahan Koniten Kabupaten Ponorogo”. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. IAIN Ponorogo.

Vernia. P. Dkk. (2016). Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk Meningkatkan Citra Kota Malang sabagai Destinasi Wisata Kuliner (Studi pada UKM Berbasis Kuliner Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Volume. 38. No.2.

Yosef, H. (2020). Pengembangan Strategi Bisnis MenggunakanAnalisis SWOT di Perkebunan Kopi Palasari. Kabupaten Bandung Universitas BSI Bandung. Jurnal Bisnis. Volume. 2. No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/mabis.v1i2.4616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dini Nurmita Sari, Fadila Rahmadani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Manajemen Bisnis Syariah
with registered number e-ISSN: 2798-1002 have been indexed on:

 

Jurnal Manajemen Bisnis Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 
Jurnal Mabis