STRATEGI MANAJEMEN MENGHADAPI RISIKO OPERASIONAL PADA PT BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) HAJI MISKIN PANDAI SIKEK

Alfi Yandra, Dina Maidani

Abstract


penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Field Research (penelitian lapangan), dengan mengunakan metode kuantitatif dengan pendekatan diskriptif.Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data mengunakan analisis intekraktif dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen risiko operasional di BPRS Haji Miskin Pandai Sikek sudah menerapkan manajemen risiko sesuai dengan peraturanPOJK No.23/POJK.03/2018tentang penerapan manajemen risiko bagi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Jenis risiko yang terjadi di BPRS Haji Miskin Pandai Sikek yang yaitu risiko operasional yang disebabkan risiko internal, risiko SDM, Risiko Teknologi dan Sistem, Risiko Hukum dan risiko eksternal. Hal ini dapat dilihat dari stategi penanganan dalam proses manajemen risiko yang dilakukan mulai dari aktifitas identifikasi, pengukuran risiko, pemantauan risiko dan pengendalian risiko yang terjadi di BPRS Haji Miskin Pandai Sikek. Strategi lain dalam menghadapi risiko operasional yang disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal di BPPS Haji Miskin Pandai Sikeksesuai dengan aturan SOP, POJK dan Undang-Undang perbankan.Dan didalam pengawasan juga diperketat dan juga ada pihak internal auditnya.Manajemennya pun ada seperti manajemen risiko, manajemen kepatuhan, dan manajemen keuangan.


Full Text:

PDF

References


Ahmad. (2020). Manajemen Strategis. Makasar: CV Nas Media Pustaka.

Arikunto, S. (2003). Manajemen Penelitian. Bandung: Rineka Cipta.

Badrudin. (2014). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Erdawati, L., & Mujamil, I. (2019). Analisis Manajemen Risiko Operasional Pada PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Indosurya Daya Sukses. SinaMu Simposium Nasional Multidisiplin Universitas Muhammadiyah Tangerang,

Ginting, R., Murniadi, C., Iskandar, D., Wuryandani, G., Astiyah, S., Hidayat, W. Y., Kholilah, T. (2013). Kodifikasi Peraturan Bank Indonesia, Manajemen Risiko. Jakarta: Pusat Riset dan Edukasi Bank Sentral (PRES) Bank Indonesia.

Herisman. (2016). Menerapkan Manajemen Risiko bagi Bank Pengreditan Rakyat (sesuai POJK No.13/POJK.03/2015). Padang: Dpd Perbarindo Sumatera Barat.

Ikatan Bankir Indonesia, I. (2015). Manajemen Risiko 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Prawiro, M. (2018, April 4). Manajemen Risiko: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Komponennya.

Undang-Undang No 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. (2008).

SALSEOJK, S. (2019). Salinan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 1/SEOJK.03/2019 tentang Penerapan Manajemen Risiko Bagi Bank Pengreditan Rakyat. Otoritas Jasa Keuangan, 1-337.

Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan, S. (Nomor 10 /Seojk.03/2019). Penerapan Manajemen Risiko Bagi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Otoritas Jasa Keuangan, 2-3.

Triyono, R. M. (2019). Manajemen Resiko. Yogyakarta: Deepublish.

Usanti, T. P. (2012). Pengelolaan Risiko Pembiayaan di Bank Syariah. Jurnal Hukum, 3(No. 2), 408-42

Vaithzal, R. H. (2008). Islamic Finance Finance Manajement; Teori, konsep dan aplikasi: panduan praktis untuk lembaga keuangan, nasabah, praktisi dan mahasiswa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis. Yogyakarta: CV Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/mabis.v1i2.4573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Mabis Stats