PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR HIWAR DI MAS PLUS PADANG GANTING

Hardison Hardison

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dan hasil belajarnya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran hiwar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas X MAS Plus Padang Ganting. Relevansi aktivitas belajar siswa pada siklus II meningkat sekitar 23,11%, dan aktivitas belajar siswa yang tidak relevan menurun sekitar 16,26% pada siklus II. Pemahaman siswa terhadap hiwar meningkat 13,33% dan ketuntasan belajar juga meningkat 20,86% pada siklus II.

This study aims to describe students’ activities and their learning outcomes using make a match type of cooperative learning model in learning hiwar. This research is a classroom action research consisting of two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation and reflection. Data were collected through observation and then analyzed by using descriptive qualitative technique. The results of the data analysis indicate that make a match type can increase the activity and learning achievement of class X MAS Plus Padang Ganting students. The relevancy of students’ activities and learning activities in cycle II is increased for about 23.11%, and the unrelevancy of students’ activities and learning activities is decreased for about 16.26% in cycle II. While, students’ understanding about hiwar is increased 13.33%, and learning completeness is also increased 20.86% in cycle II.


Full Text:

Download Pdf

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2011. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmansyah. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Pedoman Praktis bagi Guru dan Dosen. Padang: Sukabina Press.

Djamarah, S. B. dan Zain, A. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurkencana, W. 1983.Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Nurulhayati, Siti. 2002. Pembelajaran Kooperatif yang Menggairahkan. Wahana Informasi dan Komunikasi Pendidikan TK dan SD. Edisi 3.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rustam, Mundilarto. 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas

Saco. 2006. Cooperative Learning. Available at: http://Fromlearningftoteaching. Blogspot.com.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin, R. E. 1995. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practise. Boston: Allyn and Cacon.

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV Sinar Baru.

Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius

Suprijono, Agus. 2011.Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM.Cet. ke-6. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Suryosubroto, B. 1997.Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/lughawiyah.v1i1.1623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lughawiyah Indexed By:

          

Lughawiyah distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

View My Stats lughawiyah