Berbagi Pengetahuan dan Penggunaan Teknologi Informasi dalam prespektif Islam

Johari Jamal

Abstract


Artikel ini mencoba untuk membahas perilaku berbagi pengetahuan dalam Islam dan kelengkapan teknologi yang memfasilitasi dan meningkatkan sarana berbagi pengetahuan di dunia saat ini. Berbagi pengetahuan memainkan peran yang sangat penting bagi organisasi dan masyarakat dalam mendorong orang untuk berbagi pengetahuan, ide, keterampilan, pengalaman dan pemahaman satu sama lain di dalam dan di luar organisasi atau ke dunia luar. Berbagi atau menyebarkan ilmu adalah bagian dari dakwah dalam Islam dan dianggap sebagai amal bahwa orang berniat menyumbangkan ilmunya dengan cara mentransfer atau menukarnya. Selanjutnya, teknologi bertindak sebagai alat untuk berbagi pengetahuan yang memungkinkan pengetahuan untuk didistribusikan di seluruh atau di dalam organisasi dan komunitas. Namun, Teknologi tidak ada artinya jika kemauan untuk berbagi pengetahuan satu sama lain tidak dilakukan. Namun, ada beberapa tantangan dalam upaya manajemen pengetahuan terutama tentang berbagi pengetahuan. Kebanyakan orang enggan membagikan ilmunya karena beberapa alasan seperti kehilangan kekuasaan, rasa tidak aman tentang nilai ilmunya, masalah kepercayaan, takut akan konsekuensi negatif dan masalah keuntungan. Sebagian besar masalah ini terkait dengan masalah pribadi atau manusia. Banyak yang telah dikatakan berdasarkan praktik konvensional tentang masalah ini tetapi sedikit yang dieksplorasi dari perspektif Islam. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi berdasarkan perspektif Islam mengenai pengetahuan, berbagi pengetahuan dan faktor motivasi untuk mendorong berbagi pengetahuan berdasarkan sudut pandang Islam sehingga cara lain untuk mendorong praktik berbagi pengetahuan dapat terungkap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan kajian literatur yang bersumber dari Al-Qur‟an, Al-Hadits, dan literatur sebelumnya yang relevan. Kajian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan teoriteori yang berkaitan dengan berbagi pengetahuan dalam perspektif Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dapat dipelajari dan diperoleh manusia dari berbagai sumber dan tuturan dalam Al-Qur‟an dan Al-Hadits.

Keywords


Tafsir, Hadis, Manajemen Pengetahuan, Teknologi Informasi

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Ahlgren, P., Jarneving, B., & Rousseau, R. (2003). Requirements for a co-citation similarity measure, with special reference to Pearson’s correlation coefficient. Journal of the American Society for Information Science and Technology, 54(6), 550–560.

Akdere, M., d. Russ-eft and n. eft (2006), ‘the Islamic worldview of adult learning in the workplace: surrendering to god’, Advances in Developing Human Resources, 8 (3), 355–63.

Alavi, M. and d.e. leidner (1999), ‘knowledge management systems: issues, challenges and benefits’, Communications of the Association for Information Systems, 1 (5), article 1.

Alwi N.H., B. A. (2009). Factors Contributing Knowledge Sharing In Higher Learning Institution. USIM lecturer’s conference paper, (p. 4).

Antonio, M. S., Rusydiana, A. S., Purwoko, D., Khatimah, H., & Puspita, A. T. (2021). Islamic Library: History, Classification, and Waqf Role. Library Philosophy and Practice. 6222.

Azram, M. (2012). Epistemology -An Islamic Perspective. IIUM Engineering Journal, 12(5). https://doi.org/10.31436/iiumej.v12i5.240.

Cronk. L., &. R. (2008). Knowledge Sharing by Micro-Teams: A Case Study in an Information Services Department. OR Insight.

Ford., D. &. (2003). Knowledge sharing in a multi-cultural setting: a case study.

Handzic. M, H. (2003). The Search for an Integrated KM Framework.

Hansen. M, T. (1999). The Search-Transfer Problem: The Role of Weak Ties in Sharing Knowledge across organization subunits.

Hidayat, Paidi; Rusydiana, Aam Slamet; Rahardjo, Sri; Adham, Adham; and Senjiati, Ifa Hanifia, "Knowledge Management and The Islamic Perspective" (2021). Library Philosophy and Practice (e-journal). 6536. https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/6536

Jamil Farooqui, “Islamic Concept of Knowledge”, in, Studies on Islam, Vol. 2, No. 2, (2005) pp 1-9

Khan, b., a. farooq and Z. Hussain (2010), ‘Human resource management: an Islamic perspective’, Asia-Pacific Journal of Business Administration, 2 (1), 17–34.

Riege. A. (2005). Three-dozen knowledge-sharing barriers managers must consider. JOURNAL OF KNOWLEDGE MANAGEMENT.

Sa'ari, H. (2013). Knowledge Sharing Behavior in Islam: the Influence of Organizational Culture.

Sheng. W., R. A. (2010). Knowledge sharing: A review and directions for future research.

Yaakub., M. B. (2011). Knowledge Management from Islamic Perspective.

Yang, H. L. (2006). Knowledge sharing in an organization - Share or not? IEEE,




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/lathaif.v1i2.8233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Johari Jamal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lathaif: Literasi Tafsir, Hadis dan Filologi

Indexed By:

             

View Lathaif Stats<

 Lisensi Creative Commons

Lathaif: Literasi Tafsir, Hadis dan Filologi distribute under Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional