FILM SEBAGAI MEDIA DAKWAH PERFEKTIF MAHASISWA UIN MAHMUD YUNUS BATUSANGKAR

Jihan Sri Mutia Julianty, Riki Rikarno

Abstract


Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana film dijadikan sebagai media dakwah menurut tanggapan mahasiswa UIN Mahmud Yunus Batusangkar lebih tepatnya mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Penelitian ini bertujuan :1)Untuk mengetahui Film apa saja yang di tonton oleh mahasiswa di Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar khususnya mahasiswa di jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam.2)Untuk mengetahui tanggapan mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam di Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar terhadap film sebagai media dakwah dalam mempelajari nilai-nilai dakwah. Peneliti menggunakan Jenis penelitian lapangan dengan metode pendekatan deskriptif Kualitatif. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan memilih sampel dari populasi tertentu. Teknik penggumpulan data yang digunakan adalah wawancarayang dilakukan secara langsung dan secara online melalui media social seperti whats-up dan telegram, guna memperoleh data yang kongret mengenai tanggapan mahasiswa terhadapa film sebagai media dakwah, berdasaekan hasil penelitian ditemukan bahwa mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam di UIN Mahmud Yunus Batusangkar menyatakan bahwa film dapat dijadikan sebagai media dakwah yang cukup menarik dikarenakan dakwah yang dilakukan dipadukan dengan alur cerita yang menarik dan juga tidak akan berkesan seperti menggurui. Serta film juga berperan cukup baik sebagai media dakwah jika film yang di jadikan media dakwah di sesuaikan untuk target dakwahnya seperti film kartun untuk anak-anak dan film cerita serta documenter unuk yang usianya sudah lebih dewasa.Kata Kunci : Film, Media Dakwah, Perfektif 

Full Text:

Download PDF

References


Abdullah. ( 2015 ). Ilmu Dakwah kajian ontology,espitemologi,aksiologi dan aplikasi dakwah . Bandung: Citapustaka Media.

Abdullah, M. Q. (2019). Pengantar Ilmu Dakwah. Jawa Timur: CV. Qiara Media.

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Alamsyah. (2012). Perfektif Dakwa Melalui Film. jurnal dakwah tabligh vol 13 no 1, 197-211.

Aziz, M. A. (2017). Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.

Effendi. (2009). Dakwah Melalui Film. Al-Taj di d, vol I no 2, 127.

Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Interaksi : Journal Komunikasi Vol 7 no 2, 79-86. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi

Ilaihi, W. (2013). Komunikasi Dakwah. Bandung: PT Remaja Rasdakarya.

Moleong, L. (1997). Metodologi Penelitian kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ningsih, S. W. (2019). Film & Dakwah Memahamin Representasi Pesan-Pesan Dakwah Dalam Film Melalui Analisis Semiotic. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Rhamat, J. (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Saputra, W. (2011). Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sobur, A. (2016). Semiotika Komunikasi . Bandung: PT Remaja Rosda Karya .

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tamburaka, A. (2013). Literasi Media : Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31958/kinema.v2i2.9055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jihan Sri Mutia Julianty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Abstracted/Indexed by:

       

         

 

Kinema: Journal Komunikasi dan Penyiaran a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License